Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Dorong Kemajuan Desa, DPMD Kabupaten Serang Canangkan Program Digitalisasi Desa

Laporan: Firman
Rabu, 31 Mei 2023 | 11:05 WIB
Launching layanan desa berbasis digital. (Foto: Dok. Pemkab)
Launching layanan desa berbasis digital. (Foto: Dok. Pemkab)

RMBanten.com - Serang - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang melakukan program digitalisasi pelayanan desa. Program itu dilaksanakan dalam rangka mendorong kemajuan desa.

Saat ini, sudah ada 47 desa di Kabupaten Serang menerapkan layanan berbasis digital. Masyarakat kini bisa mendapatkan pelayanan desa melalui smartphone.

Dari 326 Desa di Kabupaten Serang, baru 151 desa yang memiliki website desa dan terpasang WiFi, sedangkan yang aktif menerapkan pelayanan berbasis digital ada 47 desa.

Kepala DPMD Kabupaten Serang Haryadi mengatakan, digitalisasi desa memiliki manfaat yang sangat besar baik bagi aparat desa maupun masyarakat. Pelayanan surat menyurat tidak perlu lagi datang ke Kantor Desa, cukup dilakukan dari rumah melalui smartphone.

"Jadi memudahkan kinerja aparat desa dan lebih efisien," jelasnya.

Selain itu, desa digital juga menghimpun data-data tentang potensi desa seperti UMKM, keorganisasian di desa, wisata, dan data penting lainnya yang tersimpan dengan aman.

"Jadi kalau ada musibah banjir atau kebakaran data-data penting itu tidak hilang," ujarnya.

Tahun ini, DPMD Kabupaten Serang juga merekomendasikan 50 desa untuk mengikuti program desa cerdas yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa (Kemendes) RI.

Desa Cerdas merupakan program yang berkaitan dengan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data mikro dan pelayanan kepada masyarakat serta pihak lain berbasis digital.

Ada enam prinsip Desa Cerdas yaitu bottom up, partisipatif, inklusif, inovatif, kolaboratif, dan berkelanjutan.
 
Program ini juga mengandung komponen penting Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan (P3PD) yakni mendorong pembangunan desa yang partisipatif.

Didukung dengan potensi lokal setiap desa, program Desa Cerdas diharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (adv)rajamedia

Komentar: