Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Gali Potensi Parawisata Lokal, Disbudpar Lakukan Sosialiasi Kampung Tematik

Laporan: CAREP-01
Kamis, 25 Mei 2023 | 00:28 WIB
Disbudpar Kota Tangerang menggelar Sosialisasi Kampung Tematik Berbasis Wisata. (Foto: Dok Pemkot)
Disbudpar Kota Tangerang menggelar Sosialisasi Kampung Tematik Berbasis Wisata. (Foto: Dok Pemkot)

RMBanten.com - Kota Tangerang - Optimalisasi potensi pariwisata lokal di Kota Tangerang terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang malalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Salah satunya dengan menggelar Sosialisasi Kampung Tematik Berbasis Wisata yang diisi oleh narasumber berkompeten. Para narasumber ini dari akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sekaligus perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Mira Maulani Utami. Juga ada perintis Ecowisata Kampung Keranggan Alwani.

Acara akan berlangsung pada 24-25 Mei 2023, di Gedung Seni dan Budaya, Kota Tangerang.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh mengatakan, sosialisasi yang berlangsung bertujuan untuk mereaktivasi kembali sekaligus mendorong terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kampung-kampung tematik yang selama ini ada di Kota Tangerang.

Menurutnya, terbentuknya Pokdarwis dapat meningkatkan partisipasi, sinergitas, dan iklim yang positif dalam memperkenalkan, melestarikan, dan memanfaatkan potensi daya tarik wisata yang ada di Kota Tangerang. Pasalnya, Kota Tangerang mempunyai banyak potensi wisata lokal yang berpeluang untuk dikembangkan lebih lanjut, mulai dari urbantourism, heritagetourism, ecotourism, studytourism, factorytoursm, dsb.

"Lewat sosialisasi ini, selain memberikan berbagai materi yang bermanfaat untuk pengembangan wisata lokal, kita juga sekaligus sedang menginvetarisasi beberapa kampung tematik untuk kita kaji perkembangannya, giatkan lagi, agar dapat bangkit lagi untuk meningkatkan pariwisata lokal di Kota Tangerang,” ujar Rizal Ridolloh, Rabu, (24/5).

Rizal melanjutkan, dorongan terbentuknya Pokdarwis juga menjadi bukti peran aktif Disbudpar Kota Tanngerang dalam mendukung kolektivitas masyarakat dalam mengembangkan potensi wisata lokal selama ini ada.

Setelah proses sosialiasi dilakukan, selanjutnya Disbudpar Kota Tangerang akan terus memberikan dukungan dalam berbagai bentuk lainnya.

"Kami juga akan terus berperan aktif dalam mengembangkan ini semua. Berbagai hal tentunya telah disiapkan, seperti sharing session dengan pegiat kampung tematik, menghadirkan praktisi wisata berkompeten, dan akademisi untuk mematangkan kapasitas potensi yang ada. Nantinya, kita akan dukung dalam bentuk sarana prasarana, pelatihan sumber daya manusia, promosi, dan kebijakan-kebijakan strategis untuk perkembangan kampung tematik berbasis wisata,” ujarnya.

Dorongan terbentuknya Pokdarwis kata Rizal, dinilai dapat menjadi pemantik untuk meningkatkan jumlah kunjungan, pendapatan pariwisata, dan pertumbuhan ekonomi lokal di Kota Tangerang kedepannya.rajamedia

Komentar: