Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Lepas Keberangkatan 383 Calon Haji Kota Tangerang, Ini Pesan Walikota

Laporan: CAREP-01
Selasa, 23 Mei 2023 | 13:35 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar bersama Walikota Tangerang Arief Wismanyah melepas 383 jemaah calon haji asal Kota Tangerang. {Foto: Dok Pemkot)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar bersama Walikota Tangerang Arief Wismanyah melepas 383 jemaah calon haji asal Kota Tangerang. {Foto: Dok Pemkot)

RMBanten.com - Kota Tangerang - Sebanyak 383 jemaah calon haji kloter tiga nasional atau kloter pertama Provinsi Banten di lepas Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama dengan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Dalam pelesapan jemaah itu, Arief mengungkapkan, ibadah haji merupakan ibadah fisik di mana membutuhkan kondisi tubuh yang prima agar seluruh rangkaian kegiatan selama ibadah haji dapat ditunaikan dengan sempurna.

"Yang sakit jangan lupa bawa obatnya, jemaah khususnya asal Kota Tangerang agar saling menjaga dan membantu," ujar Arief dalam acara pelepasan jemaah haji yang berlangsung di Masjid Raya Al Azhom, Kota Tangerang, Selasa (23/5).

Menurut Arief,Pemkot Tangerang juga telah menyiapkan berbagai fasilitas dan juga kebutuhan yang mendukung calon jemaah haji khususnya asal Kota Tangerang.

Mulai dari fasilitas kesehatan hingga armada transportasi berupa 45 unit bus untuk mengantar dan menjemput 1.652 calon jemaah haji asal Kota Tangerang.

"Ditambah hibah dari Pemkot Tangerang untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 sebesar  1 Miliar Rupiah," bebernya.

Lanjut Arief, Pemkot Tangerang juga tengah mengupayakan agar nantinya kepulangan jemaah haji asal Kota Tangerang bisa ditempatkan di Asrama Haji Provinsi Banten yang berada di Kecamatan Cipondoh, sehingga lebih memudahkan dan mempercepat jemaah haji kembali berkumpul bersama keluarga.

"Akan dilakukan uji coba pada penyambutan kepulangan jemaah usai pelaksanaan ibadah haji tahun 2023," demikian tutup Arief.

Siapkan 45 bus gratis

Sebelumnya Arief menyampaikan, Pemerintah Kota Tangerang sudah menghibahkan uang sebesar Rp 1 Milyar untuk membantu keperluan pemberangkatan dan pemulangan 1652 calon jamaah haji kota Tangerang.

Bantuan tersebut antara lain digunakan untuk penyediaan transportasi dari kota Tangerang ke Asrama Haji Pondok Gede dan sebaliknya.

"Jadi untuk memberikan kenyamanan pada jamaah haji, kita Pemerintah Kota Tangerang telah menyediakan 45 bus untuk mengantar dan menjemput para jamaah haji kota Tangerang yang tahun ini jumlahnya ada 1652 orang,” ujar Arief saat meninjau persiapan pemberangkatan Ibadah Haji di Asrama haji Kota Tangerang yang berada di Cipondoh, Senin (22/5).

Arief juga menjelaskan untuk tahun ini calon jamaah haji dari kota Tangerang terbagi dalam 6 (enam) kloter yang rencananya akan mulai diberangkatkan pada hari Selasa besok dan kloter terakhir pada 14 Juni nanti.

“Di kota Tangerang untuk tahun ini ada 6 (enam) kloter, yaitu kloter 3, kloter 7, kloter 25, kemudian kloter 33 yang masing-masing kloternya ada 383 calon jamaah haji. Selanjutnya ada kloter 55 itu ada 28 calon jamaah, dan kloter 58 dengan 92 jamaah,” papar Arief.

Selain penyediaan transportasi pemerintah kota Tangerang juga sedang mengusahakan untuk pemulangan jamaah haji nanti bisa langsung ke kota Tangerang dengan menggunakan Asrama Haji kota Tangerang. Sehingga dari Bandara Soekarno Hatta jamaah haji kota Tangerang tidak perlu lagi transit ke Pondok Gederajamedia

Komentar: