Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Menuju Rekor Dunia, TP PKK se-Provinsi Banten Latihan Angklung Bersama

Laporan: CAREP-01
Selasa, 16 Mei 2023 | 05:56 WIB
TP PKK Provinsi Banten menggelar latihan angklung dalam rangka menciptakan rekor dunia. (Foto: Pemprov)
TP PKK Provinsi Banten menggelar latihan angklung dalam rangka menciptakan rekor dunia. (Foto: Pemprov)

RMBanten.com - Serang - Latihan angklung bersama dalam rangka berpartisipasi menciptakan rekor dunia digelar Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten.

Ketua Tim PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar dalam kesempatan itu menjelaskan melalui Tim PKK yang merupakan bagian dari Pemerintahan Provinsi Banten, kegiatan angklung merupakan upaya dalam melestarikan budaya Indonesia juga mengenalkan ke berbagai belahan dunia.

"Hari ini (Kemarin, Senin), kita bersama dalam rangka ikut memecahkan rekor muri dimana kita mendapatkan kebanggaan karena TP PKK Provinsi Banten dilibatkan dalam acara yang bersejarah ini tentunya untuk mengenalkan budaya Indonesia agar go internasional,” ujar Tine Al Muktabar seusai mengikuti latihan Angklung di Pendopo KP3B, Curug, Kota Serang. Senin, (15/5).

Menurut Tine, pemecahan rekor muri ini melibatkan berbagai instansi di Provinsi Banten salah satunya Tim Penggerak PKK Provinsi Banten yang melibatkan 8 kelompok yang terdiri dari 320 peserta PK PKK Se-Provinsi Banten.

"Nantinya kita akan melibatkan 320 orang yang termasuk ke dalam 8 kelompok. Juga nanti dibimbing oleh para supervisor,” ujarnya.

Lanjut Tine, latihan sendiri dibina langsung oleh Saung Ujo melalui metode pengajaran menggunakan simbol tanda dan bendera, metode ini mampu memasyarakatkan angklung ke seluruh dunia. Sehingga pemilihan lagu apapun itu bisa terdengar cocok jika dimainkan dengan angklung.

"Lagu-lagu yang sebelumnya tidak pernah dimainkan dengan angklung seperti yang kita mainkan tadi lagu bendera merah putih dan Scorpions dengan judul win of change yang mana terdengar sangat indah," ujarnya.

Para peserta yang ikut serta dalam pelatihan angklung itu, kata Tine tampak bersemangat, antusias dan saling akrab dengan sesama selama pelatihan berlangsung.

Tine Berharap dengan ikut sertanya Tim PK PKK Provinsi Banten mampu mengenalkan budaya Indonesia pada masyarakat terutama pada keluarga.

"Ssaya harap dengan ikut sertanya para anggota Tim PKK ini bisa mencontohkan kegiatan yang baik bagi keluarga. Sehingga, Banten terus bisa berkontribusi dalam kegiatan melestarikan Budaya Indonesia baik itu dalam rangka memecahkan rekor Muri atau dalam kegiatan lainnya,” demikian tutup Tine seperti dilansir dari laman bantenprov.go.id.rajamedia

Komentar: