Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Ikuti Jejak Cikolelet, Desa Kubang Baros Masuk 75 Besar ADWI 2023

Laporan: CAREP-01
Sabtu, 06 Mei 2023 | 21:07 WIB
Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua bersama tim juri ADWI 2023 melakukan kunjungan langsung ke Desa Kubang Baros, Sabtu (6/5). (Foto: Komat)
Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua bersama tim juri ADWI 2023 melakukan kunjungan langsung ke Desa Kubang Baros, Sabtu (6/5). (Foto: Komat)

RMBanten.com - Parawisata - Desa Kubang Baros, Kecamatan Cinangka menjadi daerah yang mewakili Kabupaten Serang dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Desa ini mengikuti jejak Desa Wisata Cikolelet yang telah dinobatkan sebagai Desa Favorit dalam ajang ADWI 2022.

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua bersama tim juri ADWI 2023 melakukan kunjungan langsung ke Desa Kubang Baros, Sabtu (6/5).

Mereka disambut sejumlah kesenian khas daerah dan didampingi para pejabat Pemkab Serang.

Menurut Indra, ada 4.573 desa yang mendaftar dalam ADWI 2023, dan Desa Kubang Baros masuk 75 besar yang dinilai dan dikunjungi. Ia pun mengaku kagum dengan kebersamaan masyarakat desa yang terkenal dengan destinasi Curug Betung ini.

"Kami lakukan visitasi untuk memastikan data yang diberikan sesuai kenyataan di lapangan. Kelihatannya luar biasa ini,” ujarnya.

Menurutnya, Desa Kubang Baros berpotensi menyusul kesuksesan Desa Cikolelet yang telah mendapat predikat Desa Favorit ADWI 2022. Hal ini karena, kebersamaan masyarakat bersama pemerintah cukup kuat dalam menunjang desa wisata.

"Pembenahan sudah mulai, jalan sudah dibangun. Potensi atraksi ada. Nanti juri-juri ini melihat potensi yang ada. Namun lebih penting lagi, ADWI ini bukan sekadar kontestasi, tapi membangun komunikasi dan pelibatan masyarakat. Di situ kekayaan kita,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Serang Rahmat Fitriadi mengatakan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah sangat mendukung penuh keberadaan desa wisata. Termasuk Desa Kubang Baros yang saat ini tengah dinilai oleh Kemenparekraf.

"Sesuai amanah dari Ibu Bupati, kita lakukan kebersamaan sesuai konsep pentahalix. Kebersamaan dan kolaborasi,” ujarnya.

Saat ini, akses jalan menuju Desa Kubang Baros sudah dibenahi, dan bertahap dilakukan betonisasi. Kemudian sejumlah destinasi juga dibenahi dengan mengerahkan seluruh organisasi perangkat daerah.

"Jika konsep pentahelix berjalan, akan tercapai seperti Desa Cikolelet,” ujarnya.

Sebagai informasi, Desa Kubang Baros menawarkan sejumlah destinasi wisata. Antara lain, Curug Betung berupa konsep wisata air terjun, Bukit Haremis, atraksi seni budaya, dan beragam produk ekonomi kreatif dari para pelaku UMKM.

"Harapan Ibu Bupati, dan bersama kami Pemerintah Kabupaten Serang, kita bersama membangkitkan ekonomi masyarakat. Tujuannya tentu adalah juara favorit seperti Cikolelet, tetapi lebih dari itu, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pariwisata,” demkian tutup Rahmat.rajamedia

Komentar: