Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Lestarikan Pedalangan! Pemprov Banten Gelar Festival Dalang Anak 2023

Laporan: CAREP-02
Sabtu, 29 April 2023 | 02:30 WIB
Festival Dalang Anak Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023.(Foto: Dok.  Dindikbud Provinsi Banten)
Festival Dalang Anak Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023.(Foto: Dok. Dindikbud Provinsi Banten)

RMBanten.com - Serang - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten bekerjasama dengan Paguyuban Pasundan Banten dan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) menggelar Festival Dalang Anak Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023.

Festival tersebut bertujuan membina dan mengembangkan generasi penerus pedalangan sejak awal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Tabrani berharap dengan Festival Dalang Anak tersebut dapat menjadi salah satu upaya dalam melestarikan dan mengembangkan pedalangan di Provinsi Banten.

"Hari ini (kemarin, Jumat, 28/4) istimewanya adalah dalang anak, mudah-mudahan pedalangan bukan hanya para orang tua, tapi anak-anak ini bisa berkembang di Banten," ungkap Tabrani di Gedung Juang 45, Kota Serang, Jumat (28/4).

Menurut Tabrani, dari hasil perlombaan Festival Dalang Anak tersebut, nantinya akan menjadi perwakilan Provinsi Banten dalam mengikuti Festival Dalang Anak Tingkat Nasional.

"Mudah-mudahan ada hasil terbaik yang nanti hasil terbaiknya akan dikirim ke tingkat nasional, untuk mengikuti festival dalang anak tingkat nasional," katanya.

Lebih lanjut kata Tabrani, selain perlombaan dalang anak, dalam festival tersebut juga terdapat workshop mengenai teknik bermain wayang golek serta menyusun cerita untuk keperluan festival yang langsung diberikan oleh ahli dalang dari Jawa Barat.

Tabrani juga berharap dengan adanya workshop tersebut dapat mendorong para pedalang anak agar terus berkreasi dan dapat menorehkan prestasi kedepannya.

"Mudah-mudahan nanti menuju tingkat nasional itu bisa meraih prestasi yang terbaik untuk Provinsi Banten," demikian Tabrani seperti dilasir dari laman Pemprov Banten.rajamedia

Komentar: