Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

KPN: Kinerja Ben-Pilar di Tangsel Terus Mengalami Progres

Laporan: Lani Fahrudin
Minggu, 16 April 2023 | 13:43 WIB
Pakar Komunikasi Politik Nasional (KPN), Tamil Selvan/IST
Pakar Komunikasi Politik Nasional (KPN), Tamil Selvan/IST

RMBanten.com, Tangsel - Kinerja kepemimpinan Walikota Tangsel Benyamin Davnie dan Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan terus mendapat perhatian positif.

Kali ini, sanjungan positif datang dari Pakar Komunikasi Politik Nasional (KPN), Tamil Selvan.

Menurut Tamil, banyak yang sudah dicapai oleh masa kepemimpinan Benyamin dan Pilar yang mengacu pada 5 program kerja yang dicanangkannya dalam menjalankan roda pemerintahan Kota Tangsel periode 2021-2026.

Lima program tersebut diantaranya Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, pembangunan Infrastruktur yang saling terkoneksi, membangun kota yang lestari, meningkatkan ekonomi berbasis nilai tambah tinggi di sektor ekonomi kreatif, dan membangun birokrasi yang efektif dan efisien.

“Saya kira capaian sampai hari ini dari kepemimpinan Benyamin-Pilar, semangatnya terus menuju progres. Dari lima janji kampanye Benyamin-Pilar, mereka terus berkomitmen dalam menorehkan program itu, kita lihat semua mengalami progres,” kata pria yang akrab di sapa Kang Tamil ini saat adiskusi di Ruang Aspirasi DPRD Kota Tangsel, Sabtu (15/4/2023).

Kang Tamil tak menampik bila masih ada kekurangan dari realiasi program kerja Benyamin-Pilar selama 2 tahun ini. Tetapi, kekurangan itu harus juga dituntaskan bersama di sisa masa kepemimpinannya.

“Kalaupun kemudian ada kekurangan-kekurangan diberbagai sisi, itu adalah salah satu poin yang harus kita tuntaskan bersama. Ada satu tahun setengah lagi, apa yang masih jadi kekurangan jadi fokus pembangunan ke depan,” ungkapnya.

Tamil menyebut, dari 5 program pembangunan Benyamin-Pilar ini, yang paling menonjol ada pada pembangunan infrastruktur penanganan banjir.

“Progres program yang paling menonjol yakni pembangunan wilayah resapan air, ini menunjukkan keseriusan Benyamin-Pilar untuk memprioritaskan di dua tahun ini jadi program prioritas,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tangsel, Bachtiar Priyambodo, memaparkan  capaian-capaian yang berhasil diraih dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu menurut Bachtiar, terlihat dari peningkatan beberapa indikator makro yang berhasil dicatatkan oleh Kota bertajuk Cerdas, Modern dan Religius tersebut.

"Dari indikator makro kemarin di LKPJ sudah dibahas banyak yang sudah tercapai bahkan beberapa ada yang tertinggi se-provinsi dan nasional," kata Bachtiar.

Bachtiar menyebut, laju pertumbuhan ekonomi Kota Tangsel pada tahun 2022 tercatat mengalami kenaikan menjadi 5,82  jika dibandingkan dari tahun 2021 yang hanya mencapai 4,77.

Di sisi lain, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tangsel juga berhasil mengalami kenaikan menjadi 81,95 persen jika dibandingkan pada tahun 2021 yang hanya 81,6.

"Sementara untuk IPM di tingkat Provinsi Banten hanya 73,32 dan nasional hanya 72,91," tandasnya.rajamedia

Komentar: