Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pastikan Laik Jalan, 150 Bus AKAP Di Kota Tangerang Telah Di Ramp Check

Laporan: CM-1
Kamis, 13 April 2023 | 15:08 WIB
Petugas Dishun Kota Tangerang sedang memeriksa kelayakan salah satu bus yang akan digunakan mudik lebaran. (Foto: Repro)
Petugas Dishun Kota Tangerang sedang memeriksa kelayakan salah satu bus yang akan digunakan mudik lebaran. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Kota Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) terus menggencarkan ramp check pada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan mengangkut ribuan penumpang mudik dari Kota Tangerang ke berbagai daerah Indonesia.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Achmad Suhaely mengungkapkan hingga saat ini aktivitas ramp check sudah berlangsung sekitar 11 hari, dan petugas telah melakukan pemeriksaan kelaikan kepada 150 unit bus AKAP di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

Hasilnya, lima diantaranya bus dinyatakan tidak laik berangkat.

"Petugas Dishub telah meminta petugas bus tersebut untuk melakukan perbaikan pada onderdil yang perlu diperbaiki. Saat ini pun, lima bus tersebut telah di ramp check ulang dan telah dinyatakan laik jalan," ujarnya.

"Jika bus ditemukan kejanggalan atau ketidak maksimalan mesin pada tujuh hari terakhir, tidak akan diberi waktu perbaikan dan bus tersebut akan dinyatakan secara resmi tidak boleh jalan atau dilarang beroperasi,” tegas Suhaely, Kamis (13/4/23).

Dijelaskan Suhaely, dalam ramp check petugas memeriksa komponen kendaraan. Mulai dari kelaikan ban, wiper, lampu, rem, alat pemukul kaca, tekanan angin pada ban hingga surat-surat mobil dan sopir bus itu sendiri.

"Ramp check dinilai penting dilakukan demi memastikan kesiapan bus yang akan digunakan untuk perjalanan mudik lebaran dan menjaga keselamatan penumpang juga pengemudi. Serta keamanan dan kenyamanan penumpang dan juga pengemudi,” katanya.

Suhaely pun mengimbau masyarakat Kota Tangerang yang ingin mudik ke kampung halaman dengan transportasi bus untuk memanfaatkan layanan di terminal Poris Plawad sebagai terminal resmi, bukan malah memilih terminal bayangan.

"Calon penumpang bus dapat naik dan turun melalui terminal Poris Plawad dan memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan. Salah satunya, adalah pengecekan kesehatan penumpang mudik secara gratis. Jangan menggunakan terminal bayangan,” demikian tutup Suhaely dilansir dari laman resmi Pemkot Tangerang.rajamedia

Komentar: