Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Tekan Angka Kematian Jemaah, PPIH Diminta Perhatikan Titik Kritis Penyelengaraan Haji

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 11 April 2023 | 15:26 WIB
Direktur Bina Haji Kemenag RI Arsyad Hidayat. (Foto: Dok Kemenag)
Direktur Bina Haji Kemenag RI Arsyad Hidayat. (Foto: Dok Kemenag)

RMBanten.com - Info Haji - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) diperingatkan untuk memperhatikan sejumlah titik kritis saat penyelenggaraan ibadah haji.

Upaya ini dilakukan untuk menekan angka kematian jemaah berdasarkan trend data penyelenggaraan ibadah haji dari tahun-tahun sebelumnya.

Direktur Bina Haji Arsyad Hidayat menyampaikan salah satu titik kritis yang berpotensi terjadi peningkatan jumlah angka kematian adalah Mina, utamanya saat pelaksanaan kegiatan lempar Jamarat.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, Mina menjadi salah satu titik kritis penurunan kondisi kesehatan jemaah atau kelelahan. Ini terjadi karena lokasi lempar jumrah yang cukup jauh dari tenda jemaah," terang Arsyad saat memimpin apel pagi pelaksanaan Bimtek PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta dikutip dari laman Kemenag, Selasa (11/4).

"Ini bukan hanya kewajiban layanan kesehatan tapi semua petugas, untuk itu setiap petugas perlu mengetahui titik kritis ini agar angka kematian jemaah akibat kelelahan ini dapat ditekan," lanjutnya.

Menurut Arsyad, PPIH dituntut dapat memberikan edukasi bagi para jemaah untuk menjaga kondisi tubuh dan mengurangi aktivitas berlebih agar dapat melaksanakan rukun dan wajib haji hingga akhir.

Arsyad berharap bahwa kesigapan PPIH dalam melayani jemaah terlebih lansia dapat dibiasakan sehingga semua jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk.rajamedia

Komentar: