Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Keren! Inflasi Di Kota Tangerang Terendah se-Indonesia

Laporan: RMN
Rabu, 05 April 2023 | 08:22 WIB
Papat Pengendalian Inflasi Tingkat Nasional , Selasa (4/4). (Tangkapan Layar)
Papat Pengendalian Inflasi Tingkat Nasional , Selasa (4/4). (Tangkapan Layar)

RMBanten.com, Kota Tangerang - Angka inflasi di kota Tangerang tercatcat menjadi yang terendah dibanding kota-kota lain di Indonesia.

Atas prestasi itu, Kota Tangerang kembali terpilih sebagai best practice pengendalian inflasi di Indonesia dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Menurut Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah, pada kuartal pertama atau hingga Bulan Maret tahun 2023, tingkat inflasi di Kota Tangerang year on year sebesar 3,75%, yang juga menjadi kota dengan tingkat inflasi terendah di Indonesia.

"Lima komoditas penyumbang inflasi diantaranya bensin, sewa rumah, beras, tukang bukan mandor dan rokok kretek filter," ujar Arief usai acara rapat Pengendalian Inflasi Tingkat Nasional , Selasa (4/4).

Arief menerangkan beberapa langkah yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang untuk menekan laju inflasi daerah salah satunya dengan gencar menggelar bazar murah kebutuhan harian serta yang paling anyar adalah peluncuran gerakan bayar zakat serentak.

"Konsepnya adalah kolaborasi dengan berbagai pihak agar daya beli masyarakat tetap terjaga serta menekan kenaikan harga kebutuhan pokok," paparnya.

Tak hanya itu, Wali Kota juga menjelaskan terkait berbagai program program yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang untuk menekan laju inflasi daerah hingga kuartal pertama tahun 2023.

"Diantaranya pelaksanaan operasi pasar, gerakan menanam, sidak pasar untuk menjaga stabilitas harga, realisasi BTT, subsidi transportasi dan menjalin kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan," demikian tutup Arief.

rajamedia

Komentar: