Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Ramadhan Mubarak! Pemprov Banten Gelar Empat Kali Operasi Pasar

Laporan: RMN
Selasa, 21 Maret 2023 | 07:37 WIB
Rapat Koordinasi Penanganan Inflasi Daerah/Repro
Rapat Koordinasi Penanganan Inflasi Daerah/Repro

RMBanten.comSerang - Pemerintah Provinsi Banten akan menggelar empat kegiatan  Operasi Pasar Murah sebelum Ramadan dan sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023.

Pemprov Banten akan terus melakukan pemantauan harga dan stok kebutuhan pangan untuk memastikan ketersedian bahan pangan di masyarakat.

Hal itu disampaikan Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Provinsi Banten Virgojanti usai mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan Inflasi Daerah di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Senin (20/3).

"Ada 9 rekomendasi dari hasil rapat koordinasi penangan inflasi daerah, salah satunya daerah diminta untuk melakukan pemantauan harga dan stok untuk memastikan bahwa kebutuhan tersedia," ujar Virgojanti.

Menurutnya pemantauan perlu dilakukan secara intens sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang berkaitan dengan ketersedian bahan pokok.

"Itu akan terus kita lakukan dan Ini juga sebagai langkah-langkah kita terhadap penanganan upaya jaminan kebutuhan pasokan pangan kita," katanya.

Senada, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Aan Muawanah menyampaikan, pihaknya terus melakukan pemantauan neraca pangan setiap harinya.

Saat ini kata Aan, setidaknya terdapat 13 komoditas yang dilakukan pemantauan.

"Sebelumnya kami lakukan 12 komoditas, tetapi karena sekarang ada penambahan ikan menjadi 13 komoditas. Diantaranya ikan kembung, ikan tongkol dan ikan bandeng, itu kami terpantau dengan baik. Memang ada sedikit kenaikan harga tetapi stok mencukupi," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menggelar pasar murah untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan.

"Kita terus menggelar pasar murah sesuai dengan jadwal yang telah dibuat ataupun sesuai dengan permintaan masyarakat itu sendiri. Untuk bulan Ramadan ini kami menjadwalkan emat kegiatan pasar murah, dua  kali sebelum Ramadan dan dua kali sebelum hari raya," katanya.

"Namun, hal itu bisa saja lebih dari yang dijadwalkan, lantaran kita menyesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat," demikian Aan seperti dilansir dari laman resmi Pemprov Banten.rajamedia

Komentar: