Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Serahkan LKPD Tahun 2022, Walikota Tangerang Berharap Hasil Yang Baik

Laporan: Firman
Jumat, 10 Maret 2023 | 06:42 WIB
Walikota Tangerang Arief Wismanyah menyerahkan LKPD TA 2022 kepada BPK Perwakilan Banten yang diterima Kepala BPK Perwakilan Provinsi Banten, Emmy Mutiarini/Repro
Walikota Tangerang Arief Wismanyah menyerahkan LKPD TA 2022 kepada BPK Perwakilan Banten yang diterima Kepala BPK Perwakilan Provinsi Banten, Emmy Mutiarini/Repro

RMBanten.com, Kota Tangerang - Penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) merupakan bentuk pertanggungjawaban dari pelaksanaan APBD untuk diperiksa oleh BPK, nantinya hasil pemeriksaan akan memberikan penilaian akan kualitas pelaporan keuangan pemerintah daerah.

Demikian disampaikan Walikota Tangerang,Arief R. Wismansyah usai menyerahkan LKPD Tahun Anggaran 2022 (Unaudited) kepada BPK Perwakilan Provinsi Banten di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Banten, Serang, Kamis (9/3).

"Kita harapkan akan mendapat hasil yang baik dalam setiap berakhirnya pelaksanaan tahun anggaran," ujar Arief.

Dijelaskan Arief , dalam pelaksanaan APBD TA 2022, realisasi penerimaan pendapatan daerah sebesar 4,27 Triliun atau 100,63 persen dari anggaran pendapatan sebesar 4,24 Triliun.

Sedangkan untuk realisasi belanja daerah mencapai 4,43 Triliun atau 90,32 persen dari anggaran 4,91 Triliun.

"Terdapat sisa pembiayaan anggaran sebesar 500,84 Miliar," teang Arief.

Menurut Arief, realisasi belanja tersebut dioptimalkan dalam berbagai program utama, antara lain bidang pendidikan sebesar 29,18 persen, kesehatan 18,14 persen, infrastruktur sebesar 47,40 persen dan peningkatan kompetensi SDM sebesar 1,05 persen dan alokasi untuk aparat pengawas internal pemerintah sebesar 0,51 persen.

Sementara, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Banten, Emmy Mutiarini, yang menerima langsung LKPD Kota Tangerang T.A 2022 menyampaikan, berbagai proses yang ada mulai dari penyusunan hingga pemeriksaan merupakan proses yang berulang setiap tahun, yang diharapkan adanya perbaikan kualitas dari laporan keuangan tiap tahunnya.

"LKPD ini juga bisa dijadikan acuan oleh pihak legislatif dan eksekutif dalam pengambilan keputusan yang bertujuan untuk menyejahterakan rakyat," ungkap Emmy.

Emmy juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Tangerang yang telah meraih opini WTP sejak penyampaian LKPD pada tahun 2007 lalu hingga tahun lalu, yang merupakan hasil dari kerja cerdas, kerja ikhlas serta doa dari seluruh pegawai Pemkot Tangerang.

"Yakinlah bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil," demikan tutup Kepala BPK Perwakilan Provinsi Banten dilansir dari laman Pemkot Tangerang.rajamedia

Komentar: