Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Waspada! Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Tumbangkan 14 Pohon Di Kota Tangerang

Laporan: RMN
Selasa, 28 Februari 2023 | 02:36 WIB
Penanganan pohon tumbang akibat hujan deran disertai angin kencang yang melanda kota Tangerang/Repro
Penanganan pohon tumbang akibat hujan deran disertai angin kencang yang melanda kota Tangerang/Repro

RMBanten.com, Kota Tangerang - Sekitar 14 titik pohon tumbang terjadi di wilayah Kota Tangerang. Masyarakat Kota Tangerang dan seluruh pengendara diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca di Kota Tangerang.

Tumbangnya pohon tersbut diakibatan hujan lebat disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Tangerang dan sekitar, sejak Minggu (26/7) malam hingga Senin (27/2) pagi.

Menurut Kepala Disbubdpar, Rizal Ridolloh, 14 titik pohon tumbang ditangani jajaran Bidang Pertamanan.

"Sejak malam (kemarin), petugas sudah turun siap siaga melakukan penanganan pohon tumbang, dengan menggunakan alat berat dan puluhan personil. Kini pohon tumbang telah selesai ditangani dan dalam proses pengangkutan,” ujar Rizal.

Rizal mengimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi risiko pohon tumbang, agar selalu waspada dan lebih berhati-hati, juga tiupan angin kencang.

"Diimbau untuk menghindari berteduh di bawah pohon yang rimbun saat hujan disertai angin kencang," ujarnya.

"Waspada, tetap fokus dan berhati-hati saat berkendara ketika melintas di bawah tiang listrik, tiang rambu lalu lintas, hingga billboard. Selain itu, waspada akan pohon tumbang saat berkendara, berhentilah sejenak di tempat yang aman ketika hujan lebat disertai angina,”sambung Rizal.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kota Tangerang, Maryono Hasan mengungkapkan pohon tumbang yang ditangani BPBD ada di tujuh lokasi.

Rinciannya terjadi di samping Pondok Selera 2, Jalan bugel Indah, Cimone, Karawaci.

Kemudian di Jalan Tengah Taman Potret Babakan, Jalan Nagrak Periuk, Situ Bulakan Periuk.

Kata Maryono sudah ditangani dan lalu lintas sudah kembali normal, kini proses pengangkutan potongan pohon tumbang.

Sementara untuk genangan dan banjir, kata Maryono tercatat terjadi di 16 lokasi dengan ketinggian 15 cm hingga 60 cm. Diantaranya, underpass Taman Cibodas, Komplek Karang Tengah, Jalan Gempol Kunciran dan beberapa wilayah lainnya.

"Atas cuaca tadi malam (kemarin), juga terjadi rumah rusak berat akibat angin kencang di Jalan Duta Komplek Peruri RT.005/09, Sudimara Timur, Ciledug dan rumah rusak berat akibat pohon tumbang di Jalan Kampung Jati Baru RT.001/07, Jurumudi Baru, Benda,” paparnya.

Kata Maryono, Masih banyak masyarakat yang menganggap berteduh di bawah pohon dapat terlindungi dari hujan yang turun. Sedangkan tidak pernah tahu bagaimana petir menyambar, curah hujan dan angin yang kencang. Pasalnya, sambaran petir dapat menimbulkan efek bahaya pada tubuh, tak sedikit korban meninggal dunia karena tersambar petir.

Maryono mengimbau jika hujan lebat disertai angin kencang masyarakat untuk berteduh didalam ruangan, hindari pohon rimbun atau besar, jauhi tiang listrik hingga hindari lapangan terbuka.

"Jika membutuhkan perbantuan atau informasi kegawatdaruratan masyarakat bisa melalui layanan call center 112 atau nomor piket 24 jam BPBD di 021-5582144,” pungkas Maryono seperti dilansir dari laman resmi Pemkot Tangerang.rajamedia

Komentar: