Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Bupati Zaki Targetkan 60 Persen Sambungan Air Bersih Tuntas Tahun Ini

Laporan: RMN
Jumat, 17 Februari 2023 | 03:50 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar/Repro
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar/Repro

RMBanten.com, Tangerang - Pemkab Tangerang menargetkan 60 persen sambungan langsung air bersih untuk dapat dinikmati seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang dan Insya Allah akhir 2023 paling lambat 2024 target tersebut dapat dipenuhi.

Demikian disampaikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam acara Munas ke-1 Assosiasi Perusahaan Pengelola Air Minum dan Sanitasi Indonesia (APPAMSI).

Bupati Zaki yang juga menjabat sebagai Ketua Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) mengatakan, AKKOPSI membuka ruang diskusi dan kemitraan yang seluas luasnya untuk bisa bergerak bersama-sama sebagai mitra dalam rangka mengadvokasi daerah dengan tujuan mempercepat layanan air minum dan air bersih di seluruh wilayah Indonesia.

"Sebagai Ketua AKKOPSI, kami membuka ruang diskusi dan komunikasi yang seluas-luasnya sebagai mitra untuk mempercepat pemenuhan layanan air minum dan bersih di setiap wilayah di Indonesia," ujar Zaki.

Sementara, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni mengatakan penyediaan air minum dan sanitasi sangat penting.

Namun yang menjadi kendala saat ini, kata Agus adalah masyarakat masih kesulitan untuk mendapatkan akses tersebut.

Menurutnya, masih banyak, pekerjaan rumah dan tanggung jawab yang harus diselesaikan secara bersama-sama dan juga perlu upaya serta kerja keras yang menyeluruh dari semua pihak untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan dan hak masyarakat.

"Masih banyak perusahaan air minum yang kondisinya tidak sehat. Ini PR kita bersama yang harus kita pecahkan dalam rangka penyediaan pelayanan kepada masyarakat," kata Agus.

Agus sangat mengapresiasi  diselenggarakannya Munas APPAMSI ini dan berharap semoga munas Ini bisa memberikan hasil dan solusi dari permasalahan yang dihadapi.

"Kita berkumpul, datang bersama merumuskan solusi. Kita tidak bisa sendiri, kita harus bersinergi dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder yang ada," jelasnya.

Ditempat yang  sama Ketua Dewan Penasehat APPAMSI Sofyan Safar menjelaskan bahwa kegiatan munas ini dilakukan untuk menjawab tantangan ke depan yaitu bagaimana pelayanan air bersih dan air minum di Indonesia bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Menurut Sofyan tahun 2021, baru ada 237 BUMD air minum yang sehat, 101 kurang sehat dan 51 sakit.

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama bagaimana ke depan kita bisa saling membantu Perusahaan Air Minum khususnya BUMD sehingga bisa berjalan dengan baik," ujar Sofyan.

Dirut Perumdam TKR Kabupaten Tangerang itu mengatakan bahwa Perumdam TKR sendiri sudah 3 tahun berturut-turut menjadi Perusahaan Air Minum Daerah dengan kinerja terbaik di Indonesia.

"Ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan karena Perumdam TKR hampir setiap minggunya selalu ada kedatangan dari daerah lain untuk melakukan studi komparasi," demikian Sofyan seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Tangerang, Jumat (17/2).rajamedia

Komentar: