Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Satu Data Satu Peta! Walikota Tangerang Minta OPD Manfaatkan Sistem Informasi

Laporan: RMN
Jumat, 17 Februari 2023 | 06:43 WIB
Walikota Tengeran Arief R Wismansyah/Repro
Walikota Tengeran Arief R Wismansyah/Repro

RMBanten.com, Kota Tangerang - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang diminta lebih mengedepankan pemanfaatan sistem data dan informasi. Hal itu sebagai upaya mendorong optimalisasi pembangunan simpul jaringan di Kota Tangerang.

Permintaan itu disampaikan Walikota Tengeran Arief R Wismansyah saat menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Penganugerahan kepada OPD dan BUMD yang telah melakukan optimalisasi pembangunan simpul jaringan OPD dan BUMD dalam rangka pengembangan Program Tangerang Satu Data Satu Peta di Kota Tangerang.

Acara diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku wali data bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) selaku pembina data sektoral dan spasial, di Swiss Belhotel, BSD, Kamis (16/2).

"Kita tahu kondisi wilayah kita sangat dinamis baik kondisi sosial budaya dan juga kebutuhan sarana prasarana bagi masyarakat. Satu data satu peta ini menjembatani berbagai urusan, tantangan agar bagaimana pelayanan dan program-program kita dapat lebih cepat, lebih tepat menyasar kebutuhan masyarakat," ujar Arief.

"Karenanya komitmen untuk bekerja by data by system ini haruslah menjadi pedoman kita dalam menjalankan tugas kita dalam menyelenggarakan pemerintahan demi mewujudkan pembangunan dan juga pelayanan bagi masyarakat," sambungnya.

Menurut Arief, kecepatan dan ketepatan dalam mengupdate data merupakan kunci dalam menghadapi era disrupsi di mana segala hal yang terjadi dalam masyarakat dapat berubah dengan cepat.

Lanjut Arief, kebutuhan organisasi berkembang sangat dinamis dan pada skala yang berbeda-berbeda, untuk itu kita mendorong perangkat-perangkat daerah agar mengerjakan tugasnya dengan optimal juga harus didukung oleh data-data dan informasi.

"Untuk menjawab tantangan disruption, segalanya serba cepat berubah, misal dulu tanah kosong sekarang diisi, dan juga perubahan-perubahan lain. Data harus selalu update, kita harus lebih cepat dan lebih tepat dalam mengupdate. Dan itu hanya bisa dilakukan kalau semua data terintegrasi," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan pula penganugerahan Tangerang Satu Data Satu Peta yang diberikan kepada OPD dan BUMD terbaik dalam penerapan aplikasi Tangerang Satu Data Satu Peta yang terdiri dari 4 kategori.

Kategori produsen data terbaik dimenangkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), kategori simpul jaringan informasi geospasial terbaik dimenangkan oleh Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan.

Selanjutnya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang memenangkan dua kategori nominasi, yakni nominasi pemanfaatan terbaik, dan nominasi inovasi terbaik terkait Tangerang Satu Data Satu Peta.

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang pada penganugerahan di mana Kota Tangerang adalah pionir ya. Mudah-mudahan Satu Data dan Satu Peta Kota Tangerang ini dapat benar-benar dimanfaatkan untuk urusan organisasi, pemerintahan maupun pelayanan kepada masyarakat demi terwujudnya Kota Tangerang sejahtera dan Berdaya saing," demikian tutup Ariefrajamedia

Komentar: