Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Sawahnya Terendam Banjir, Petani Di Tangerang Merugi Ratusan Juta

Laporan: RMN
Jumat, 20 Januari 2023 | 10:33 WIB
Ratusan sawah di Kabupaten Tangerang terkena Puso atau terendam banjir/
Ratusan sawah di Kabupaten Tangerang terkena Puso atau terendam banjir/

RMBanten.com, Kabupaten Tangerang - Ratusan hektare sawah mengalami puso atau rusak akibat terendam banjir dar Desember 2022 hingga Januari 2023

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, total 217 hektare sawah di Kabupaten Tangerang terendam banjir. Dari jumlah itu, sekitar 52 persen atau 113 hektare mengalami puso.

Sawah yang mengalami puso itu tersebar di tujuh kecamatan. Yakni Kecamatan Tiga raksa, Kecamatan Cisoka, Kecamatan Panongan, Kecamatan Gunung Kaler, Kecamatan Balaraja, Kecamatan Jayanti dan Kecamatan Kresek.

“Data ini kami peroleh dari petugas POPT (Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman) setelah hasil monitoring pascabanjir terhadap luasan sawah yang terdampak banjir,” ujar Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno, Kamis (19/1).

Asep mengatakan, total kerugian akibat banjir di sektor pertanian ini ditaksir mencapai Rp 344.650.000,-  terdiri dari biaya benih, olah tanah, penanaman, obat-obatan dan pemeliharaan.

"Untuk meminimalisir kerugian para petani kami telah mengusulkan bantuan kepada Dinas Pertanian Provinsi Banten berupa  benih padi sawah sebanyak  2.825 Kilogram sesuai dengan jumlah sawah yang mengalami puso yaitu 113 hektare,” tandas Asep seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Pihaknya kata Asep terus memantau serta melaksanakan pembinaan yang dilaksanakan oleh para penyuluh pertanian kepada para petani yang terkena dampak banjir.rajamedia

Komentar: