Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Tangkal Banjir! Tahun 2023, Pemkot Tangerang Perbanyak Sumur Resapan

Laporan: RMN
Rabu, 11 Januari 2023 | 17:50 WIB
Sumur reapan Kota Tangerang/Repro
Sumur reapan Kota Tangerang/Repro

RMBanten.com, Kota Tangerang - Sebanyak 20 sumur resapan dan 50 biopori super jumbo, untuk mencegah terjadinya banjir akan dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Pembangunan sumur resapan dan biopori tersebut akan diprioritaskan di titik-titik rawan mengalami banjir.

"Tahun ini kami akan membangun sebanyak 20 sumur resapan dan 50 biopori super jumbo. Pembangunan ini akan menggunakan skala prioritas, di mana akan dilakukan pembangunan terlebih dahulu di wilayah atau titik-titik yang memang rawan mengalami banjir di Kota Tangerang," ujar Kepala DLH Kota Tangerang Tihar Sopian dikutip dari laman Pemkot Tangerang, Rabu (11/1).

Dijelaskan Tihar, metode-metode yang digunakan dalam pembangunan sumur resapan belum ada perubahan dari sebelumnya, yaitu terdiri dari biopori, sumur injeksi, dan kolam retensi.

"Metode yang digunakan masih sama yaitu ada biopori yang terdiri dari biopori mini, biopori jumbo dan super jumbo. Biopori ini kedalamannya mencapai hingga satu meter. Lalu, sumur injeksi kedalamannya hingga 40 meter dan kolam retensi yang akan menampung debit air tergantung dengan lokasi existing yang akan kami bangun baik dari lebar, panjang, dan kedalamannya," ujarnya.

Dibangunnya sumur resapan ini, kata Tihar dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi genangan hingga banjir yang ada di Kota Tangerang, dan air yang sudah dikonservasi dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Harapan kami dan harapan kita bersama, air yang datang ketika hujan turun dapat menjadi berkah. Air yang sudah masuk ke perut bumi, dapat menjadi konservasi dan bermanfaat bagi kita semua dengan bonus tidak terjadi genangan dan mudah-mudahan di tahun ini tidak terjadi banjir di Kota Tangerang," pungkasnya.rajamedia

Komentar: