Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Dr. Ace: IKALUIN Award Apresiasi Dari IKALUIN Jakarta Untuk Alumni Yang Berkontribusi Untuk Umat

Laporan: RMN
Sabtu, 24 Desember 2022 | 15:26 WIB
Ketua IKALUIN Jakarta Dr. Tb. Ace Hasan Syadzily saat memberikan sambutan di acara IKALUIN Award 2022/Ist
Ketua IKALUIN Jakarta Dr. Tb. Ace Hasan Syadzily saat memberikan sambutan di acara IKALUIN Award 2022/Ist

RMBanten.com, Ciputat - Kesadaran adalah matahari, Kesabaran adalah bumi, Keberanian menjadi cakrawala, dan perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata.

Demikian Ketua IKALUIN  Jakarta,  Dr. Tb. Ace Hasan Syadzily mengutip pujangga WS Rendra pada acara penganugerahan IKALUIN AWARD 2022,   di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, Jumat (23/12) malam.

Mantan Presiden IAIN Syarief Hidayatullah Jakarta (sekarang UIN) itu  bercerita, di bangku kuliah dulu, kita diajarkan untuk berpikir rasional, logik, kritis, dan obyektif sebagaimana watak dasar dari ilmu pengetahuan itu.

Pria yang akrab disapa Kang Ace ini melanjutkan, ketika mahasiswa, kita selalu diajarkan tentang pentingnya menjadikan nilai dan etika ke-Islam-an sebagai basis dan fondasi moral kehidupan kita, menjunjung tinggi universalisme kemanusiaan, keterbukaan dalam berpikir, menghargai perbedaan, menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan untuk membangun peradaban bangsa yang kita cintai ini.

"Para Alumni IAIN/UIN Jakarta harus mampu menerjemahkan nilai-nilai keilmuan dan ke-Islam-an dalam konteks keindonesiaan dengan kerja-kerja yang konkret di masyarakat," ujar Ace.

Para alumni ini, kata Ace, ada yang menjadi akademisi, Guru Besar, pejabat di pemerintahan, dunia politik, penggiat LSM, aktivis kemanusiaan, seni, budayawan, guru ngaji, jurnalis dan berbagai profesi lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami yakin bahwa seluruh alumni IAIN/UIN Jakarta sangat paham betul tentang semangat hadits yang sangat terkenal: Khairun an-Nas Anfauhum lin Nas," ujar santri lulusan Ponpes Cipasung, Singaparna ini.

Lanjut Ace, sewaktu kuliah, kita selalu didoktrin dengan dengan semangat misi profetis sebagai Khalifah fil ard. Dulu Ali Syariati menyerbutnya sebagai Raushan Fikr.  

"Nah, para Alumni UIN Jakarta telah dan harus menjadi bagian kelompok intelektual dan akademis yang berkarya secara nyata dalam proses tranformasi bangsa Indonesia menjadi negara muslim terbesar di dunia dengan peradaban maju," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini menegaskan, IKALUIN Award bukan kompetisi. Bukan untuk menang dan kalah dan bukan untuk hebat-hebatan.  

"Kami yakin semua alumni IAIN/UIN Jakarta adalah lulusan yang terbaik, hebat dan telah berkiprah di masyarakat dengan berbagai profesi, bidang dan peran masing-masing," ujarnya.

Kang Ace yang juga Ketua Pokja Haji 2022 ini mengatakan IKALUIN Award  merupakan apresiasi dari IKALUIN Jakarta yang dinilai telah berbuat banyak dan membawa nama baik alumni UIN Jakarta di tengah-tengah masyarakat.

"Kami akan mengagendakan acara Penganugerahan IKALUIN Award ini sebagai agenda tahunan agar memotivasi para Alumni UIN Jakarta agar berkarya, berinovasi dan berbuat untuk kemanusiaan, bangsa dan negara Republik Indonesia yang kita cintai ini," demikian tutup Ace Hasan Syadzily.rajamedia

Komentar: