Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Ace Hasan: IKALUIN Award Apresiasi Kepada Alumni Atas Kontribusinya Untuk Bangsa

Laporan: RMN
Jumat, 23 Desember 2022 | 06:41 WIB
Ketum IKALUIN Jakarta, Ace Hasan Syadzily mengibarkan Panji Alumni UIN Jakarta/Repro
Ketum IKALUIN Jakarta, Ace Hasan Syadzily mengibarkan Panji Alumni UIN Jakarta/Repro

RMBanten.com, Ciputat - Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri (IKALUIN) Syarief Hidayatullah Jakarta akan menggelar malam refleksi akhir tahun.

Refleksi akhir tahun juga akan diisi dengan apresiasi penghargaan IKALUIN Award.

Calon penerima penghargaan IKALUIN Award sendiri sudah selesai diseleksi para juri yang kredibel.  Sementara panel independen, telah menetapkan para penerima penghargaan bagi para alumni dengan bakti dan manfaat kepada masyarakat luas.

Penyerahan penghargaan ini akan dilangsungkan pada acara IKALUIN AWARD DAN REFLEKSI AKHIR TAHUN 2022: Menelusuri ”Islam Mazhab Ciputat”, dari Akar hingga Manfaat di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, pada Jumat (23/12).

Ketua Panitia IKALUIN Award dan Refleksi Akhir Tahun, Iwan Buana Fr menjelaskan, penghargaan diberikan kepada para alumni yang berkontribusi besar bagi perkembangan dan kemajuan masyarakat Indonesia, khususnya dalam pemikiran keagamaan, pendidikan, dan humaniora.

”Proses penentuan award sangat selektif, dilakukan dengan penyaringan oleh juri dan tim panel independen seperti Yudi Latif dan Dwi Rubianti Kholifah dari AMAN Indonesia,” ujar Iwan dalam rilis yang diterima redaksi Raja Media Network (RMN), Kamis (22/12).

Menurut Iwan, ada tujuh kategori IKALUIN Award yang diberikan kepada alumni IKALUIN Jakarta dengan pencapaian istimewa di bidang Kesetaraan Gender dan Perlindungan Anak, Hukum dan HAM,  Politik dan Tata Kelola Pemerintahan, Pendidikan, Pemikiran Keagamaan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Seni Budaya.

Lanjut Iwan, selain tujuh bidang tersebut ada penghargaan khusus, lifetime achievement award, yang diberikan kepada sosok dengan kesetiaan pada perjuangan mewujudkan masyarakat Islam yang terbuka, toleran, demokratis, dan memperkokoh dialog antar-iman.

"Pidato kebudayaan dari seniman cum aktivis Saleh Abdullah yang disambung refleksi akhir tahun yang disampaikan Fachry Ali akan mewarnai Malam IKALUIN Award," ujar Iwan.

"Tentunya, Rektor UIN Jakarta Amani Lubis dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily sebagai ketua IKALUIN terlebih dulu menyampaikan sambutan,"  sambung Iwan.

Apresiasi Untuk Alumni

Sementara, Ketua IKALUIN Jakarta, Ace Hasan Syadzily menyampaikan, IKALUIN Award merupakan sebuah apresiasi kepada para alumni ADIA-IAIN-UIN yang sudah tersebar di berbagai wilayah dengan bermacam peran mereka di masyarakat.

”Ini memang acara apresiasi pertama oleh IKALUIN. Penyelenggaraan acara ini menjadi salah satu cara kami memberikan apresiasi atas kontribusi para alumni terhadap kemajuan umat, kemajuan bangsa,” ujar Ace.

Kang Ace biasa disapa memastikan, sebenarnya banyak alumni UIN Jakarta yang sudah berkiprah besar di tengah-tengah masyarakat. Namun, karena keterbatasan ruang sehingga kali ini baru tujuh kategori plus satu itu.

”Kita harapkan ini akan memotivasi para alumni untuk lebih menunjukkan peran dan sumbangsihnya kepada masyarakat di bidang masing-masing,” ujarnya.

Ace menyatakan pentingnya penghargaan kepada orang-orang yang banyak memberi manfaat kepada masyarakat luas.

”Kebetulan karena mereka, para awerdee itu, adalah para alumni UIN Jakarta, jadi anggplah sebagai sumbangsih Ciputat untuk Indonesia,” ujarnya..

Kata Kang Ace, ada semangat yang hendak ditunjukkan dengan acara IKALUIN Award dan Refleksi Akhir Tahun 2022, yaitu semangat mempromosikan Islam yang kosmopolit, moderat, dan adaptif.

"Islam yang dicirikan oleh kampus yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan, tapi tetap disebut UIN Jakarta ini," pungkasnya.rajamedia

Komentar: