Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Ketum PKB Usulkan Kementan dan Kemendes "Dimerger", Ini Penjelasannya

Laporan: RMN
Kamis, 22 Desember 2022 | 23:11 WIB
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar/Net
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar/Net

RMBanten.com, Nasional - Kementerian Pertanian (Kementan) diusulkan untuk dilebur atau dimerger menjadi satu dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Ttansmigrasi (Kemendes PDTT).

Usulan itu disampaikan Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, Kamis (22/12).

Cak Imin sapaan akrab Muhaimin menjelaskan beberapa alasan. Menurutnya kiprah dan peran sentral dari Kemendes sangatlah penting, karena menjadi ujung tombak pembangunan Indonesia dari bawah.

Sehingga uang negara tidak habis di atas melainkan di tingkat bawah.

"Tahu enggak ketika krisis ekonomi, di atas gelempangan tidak mampu, justru yang di bawah yang bisa nahan. Kemarin saat pandemi semua sektor rontok, hanya pertanian yang punya daya tahan, dan itu Desa," ujar Cak Imin.

Alasan penting diusulkannya peleburan Kementan dengan Kemendes, adalah karena dua Kementerian tersebut memiliki peran yang hampir sama.

Kata Cak Imin, jika disatukan akan lebih memberi dampak konkret bagi kemajuan Desa.

"Kalau ide Kementerian Desa harus bertahan itu terlalu sederhana, bahkan Kementerian Pertanian harus ditarik menjadi bagian Kementerian Desa. Supaya apa? Supaya clear apa yang menjadi kebutuhan Desa tertangani secara sistematis sesuai kebutuhan Desa," terangnya.

Menurut Cak Imin, ada dua sektor, yang harus mendapat perhatian perubahan mendasar melalui pembangunan dari bawah, yakni desa dan kelautan.

"Selama ini, lautan Indonesia yang kaya selama puluhan tahun tidak tersentuh format politik nasional. Sehingga reformasi semua isu kelautan dan desa harus menjadi perjuangan," demikian Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar.rajamedia

Komentar: