Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pastikan Nataru Aman! Tim Kemenkopolhukam Sambangi Ditlantas Polda Banten

Laporan: RMN
Rabu, 21 Desember 2022 | 07:39 WIB
Kunjungan tim Kemenkopolhukam ke Ditlantas Polda Banten/Repro
Kunjungan tim Kemenkopolhukam ke Ditlantas Polda Banten/Repro

RMBanten.com, Kota Serang - Ditlantas Polda Banten mendapat kunjungan tim Kemenkopolhukam, Selasa (20/12) krmarin. 

Kunjungan tim Kemenkopolhukam ke Ditlantas Polda Banten tersebut terkait pelaksanaan kegiatan pengendalian penanganan keamanan transportasi menjelang libur nasional saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Pertemuan berlangsung di di Sat PJR Polda Banten, Serang.

Dalam kunjungan kali ini, tim Kemenkopolhukam dipimpin Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Konflik dan Keamanan Transportasi Brigjen Pol Lakoni.

Menyambut, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto bersama Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono, Kadishub Provinsi Banten Tri Nurtopo, Kepala BPTD Wilayah VIII Provinsi Banten Handjar Dwi Antoro, Genaral Manager PT. ASDP cabang Merak Lutfi Pratama Adi Subarkah dan diikuti seluruh personel Ditlantas Polda Banten.

Dalam pertemuan itu, Kombes Pol Budi Mulyanto memaparkan potret kompleksitas pelabuhan Merak menjelang Nataru dalam pertemuan ini.

"Beberapa hal yang menjadi tolok ukur di pelabuhan adalah minim kapasitas parkir, peningkatan volume angkutan barang, belum optimalnya Ferizy, keterlambatan operasional pelabuhan alternatif dan belum optimalnya pengaturan jadwal kapal," ujar Budi.

Budi juga menjelaskan prediksi volume lalu lintas yang akan terjadi pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Berkaca pada momen tahun lalu puncak volume lalu lintas akan terjadi pada tanggal 23-25 Desember 2022 dan pada tanggal 30, 31 Desember-1 Januari 2023," terang Budi.

Budi juga menerangkan Eskalasi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 terbagi menjadi 3 kondisi yaitu kondisi Hijau, Kuning dan Merah.

Kondisi hijau kata Budi, merupakan kondisi normal dimana antrian kendaraan hanya berada di dalam pelabuhan.

Sedangkan kondisi kuning yaitu kondisi padat lancar antrian kendaraan berada di luar pelabuhan sampai dengan terminal terpadu Merak.

"Terakhir adalah kondisi merah dimana kondisi ini menunjukkan kepadatan yang sangat melebihi kapasitas sehingga antrian kendaraan berada diluar pelabuhan sampai dengan gerbang Tol Merak," demikian tutup Budi.rajamedia

Komentar: