Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

HUT Korpri, Bupati Tatu: ASN Harus Layani Masyarakat Dengan Baik

Laporan: RMN
Selasa, 29 November 2022 | 20:04 WIB
Peringatan HUT Korpri ke 51 di isi dengan tausiyah Ustaz Adi Hidayat
Peringatan HUT Korpri ke 51 di isi dengan tausiyah Ustaz Adi Hidayat

RMBanten.com, SerangKab  - Aparatur sipil negara (ASN) yang bernaung pada organisasi Korpri harus terus berkomitmen dan melaksanakan pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

Demikian ditegaskan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat memperingati hari ulang tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-51 di halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa (29/11).

Bupati Serang pada kesempatan itu, membacakan pidato Presiden Joko Widodo terkait pesan-pesan untuk para pegawai Republik Indonesia. Di antaranya, soal peningkatan kinerja, pelayanan kepada masyarakat, hingga digitalisasi birokrasi.

Tatu menegaskan, di tengah perkembangan dan tuntutan masyarakat yang tinggi terhadap pemerintah, maka pelayanan yang diberikan harus semakin dekat.

Pelayanan Terbaik

Untuk itu, Pemkab Serang membuat berbagai kebijakan dalam proses pencepatan dan pendekatan pelayanan.

Salah satu contoh, untuk mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan, Pemkab Serang mendirikan unit pelayanan teknis (UPT) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di tingkat kecamatan. Kemudian tahun depan, akan dibangun Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kecamatan Cikande.

"Seperti di Disdukcapil, kita sudah punya UPT di kecamatan, jadi masyarakat tidak harus ke kantor Dukcapil, kemudian juga tahun depan kita akan membentuk MPP, jadi semua pelayanan terpusat di situ," ujar Tatu.

Kemudian, pihaknya juga terus melakukan pembenahan sistem birokrasi. Salah satunya dengan menerapkan sistem digitalisasi secara bertahap.

Digitalisasi ini sejalan dengan sistem pelayanan berbasiswa elektronik (SPBE) yang dijalankan oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistis (Dikominfosatik).

"Kita terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diskominfo membuat sistem pemerintahan berbasis elektronik untuk dijadikan motor penggerak baru dalam pembangunan,” ujarnya

Ketua Korpri Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, melalui HUT Korpri ini pihaknya mengajak kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kinerjanya.

"Kita sebagai pemersatu bangsa, sebagai abdi negara, harus melaksanakan tugas sesuai dengan kode etik," ujarnya.

Ia juga mengatakan, pada peringatan HUT Korpri ini juga pihaknya mengundang penceramah kondang Ustaz Adi Hidayat (UAH).

"Ini supaya para pegawai mendapatkan tausiyah untuk memantapkan peran dan fungsinya sebagai abdi negara," tandasnya.rajamedia

Komentar: