Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Orasi Ilmiah Wisuda Sarjana STISIP Rangkasbitung, Airin: Banten Membutuhkan Anda!

Laporan: Gatot Maulana
Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB
Mantan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany memberikan orasi ilmiah pada acara wisuda mahasiswa STISIP Rangkasbitung/Repro
Mantan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany memberikan orasi ilmiah pada acara wisuda mahasiswa STISIP Rangkasbitung/Repro

RMBanten.com, Lebak - Sangat penting memastikan para lulusan STISIP berada pada jalur yang benar dalam upaya meraih cita-cita dan harapan maupun kewajiban individu wisudawan sebagai bagian integral dari masyarakat.

Demikian disampaikan Airin Rachmi Diany saat menjadi pengisi orasi ilmiah pada Wisuda Sarjana XV Sekolah Tinggi Ilmu Sosial san Ilmu Politik (STISIP) Setia Budhi Rangkasbitung di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Selasa (29/11).

"Tantangan masa depan semakin sulit ditebak. Apakah pendidikan yang kita terima mampu menjawab semua tantangan itu," ujar Airin.

Dalam orasi ilmiahnya, Airin memberikan banyak motivasi agar para mahasiswa yang diwisuda bersiap untuk lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Mantan Walikota Tangsel itu mengatakan para wisudawan merupakan orang-orang yang beruntung bisa menyelesaikan pendidikan, karena tidak semua orang dapat merasakan capaian tinggi dalam dunia pendidikan.

"Di luar sana masih banyak orang yang ingin kuliah tapi terkendala biaya, waktu dan pekerjaan. Namun kabar gembiranya, teman-teman hadir dan duduk di sini menerima sebuah kehormatan yang tiada tara yaitu menjadi wisudawan wisudawati. Bahkan secara resmi menerima gelar sarjana," ujarnya.

Kehidupan Nyata

Airin berbagi pengalaman ketika dirinya diwisuda menjadi sarjana.

"Yang paling saya rasakan adalah, kelegaan kedua orang tua saya, ketika saya berhasil menempuh Pendidikan tinggi dengan baik. Saya berhutang jasa dan rasa terhadap mereka. Saya tidak bisa mengecewakan mimpi dan harapan yang diberikan kepada saya," ungkapnya.

Fase wisuda merupakan titik awal dimulainya kehidupan dalam dunia nyata.

"Saya titip pesan untuk para wisudawan-wisudawati. Banten membutuhkan anda sebagai sarjana. Karena kunci kemajuan sebuah daerah adalah sumber daya manusianya yang berkualitas. Jadilah lulusan yang menerapkan nilai-nilai good governance dalam setiap pengabdian di tempat mana pun," ujarnya.

Airin berharap wisudawan-wisudawati  dapat menerapkan ilmu yang diraih di bangku kuliah di lingkungan kerja, masyarakat dan keluarga.

"Masyarakat tidak bisa menunggu, mereka butuh peran-peran nyata dalam kebutuhan yang paling mendasar, yaitu pelayanan publik yang baik," ucapnya.

Airin memberikan catatan penting untuk para lulusan yang di wisuda.

"Bila nanti anda jadi seorang birokrat, maka jadilah birokrat yang memiliki integritas tinggi. Bila anda seorang leader, jadilah pemimpin yang membawa perubahan. Bila anda berniat jadi politisi maka jadilah politisi yang memiliki tujuan mulia. Karena sejatinya politik adalah seni mengelola kekuasaan untuk kebermanfaatan masyarakat," ujar Airin.

"Baik menjadi orang penting, tetapi jauh lebih penting menjadi orang baik,” demikian Airin mengutip ucapan Jendral Polisi (Purn) Hoegeng Imam Santoso.rajamedia

Komentar: