Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Sekda Tangerang: Imam Masjid Teladan Mencerahkan serta Mempersatukan

Laporan: RMN
Senin, 28 November 2022 | 17:49 WIB
Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid/Repro
Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid/Repro

RMBanten.com, Tangkab - Tugas dan fungsi Imam masjid bukan hanya sebagai sosok pemimpin dalam shalat berjamaah, namun juga sebagai panutan serta teladan dalam mencerahkan dan mempersatukan ummat.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid saat membuka kegiatan pembinaan mutu bacaan imam masjid se-Kabupaten Tangerang tahun 2022 di Aula Masjid Agung Al Amjad Puspemkab Tangerang, Senin (28/11).

"Imam masjid memiliki peranan strategis dalam upaya membimbing, memimpin dan mempersatukan ummat," ujarnya.

Menurut Maseyal, kualitas ibadah ummat harus terus dijaga dan ditingkatkan agar nilai nilai keislaman maupun nilai tatanan sosial di tengah masyarakat tetap hidup dan berjalan dengan baik.

Untuk itu, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pembinaan imam masjid yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Kegiatan pembinaan ini salah satunya untuk mewujudkan ummat berkualitas, moderat dan toleran seiring dengan laju dimensional pola hidup sosial masyarakat," tuturnya.

Sementara, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tangerang H. Luki Lukman Fauzi mengatakan pembinaan yang dilakukan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tangerang yang religius, sehingga imam masjid sendiri selain memimpin ibadah shalat mereka terus meningkatkan kemampuan bacaan dan pengetahuan dalam memimpin umat kearah yang lebih baik.

"Saat ini 100 orang imam masjid ikut serta dalam pembinaan. Selanjutnya kita juga membagikan honor untuk guru ngaji agar pendidikan baca tulis Al-Qur'an dapat terus hadir di tengah masyarakat," jelas Luki.

Salah satu peserta pembinaan Junaedi, Imam masjid Al Hidayah Kecamatan Jambe mengungkapkan kegiataan pembinaan ini sangat penting mengingat jumlah masjid dan musholla terus meningkat, akan tetapi masih banyak imam yang bacaannya belum sempurna sehingga harus terus ditingkatkan.

"Pembinaan mutu bacaan imam masjid sangat penting bagi kami, imam masjid dan mushola. Kedepan agar lebih ditingkatkan dan disempurnakan," ujar Juneadi dilansir dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Hadir dalam acara itu Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tangerang KH. Sanwani, Kepala Bagian Kesejahteraan rakyat Setda kabupaten Tangerang H. Luki Lukman Fauzi dan narasumber dari DMI Banten H. Rasna Dahlan.rajamedia

Komentar: