Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Festival Sipon Cisadane Bangkitkan UMKM dan Parawisata Kota Tangerang

Laporan: RMN
Sabtu, 26 November 2022 | 06:31 WIB
Festival Sipon Cisadane/Dok
Festival Sipon Cisadane/Dok

RMBanten.com, TangKot - Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang menggelar Festival Sipon Cisadane & Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat, di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang, Jumat (25/11).

Acara berlangsung hingga Senin (28/11), dengan mengangkat tema “Melalui Semangat Porprov VI Banten. Bangkitkan UMKM & Pariwisata Kota Tangerang.”

Menurut Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh, Festival Sipon Cisadane merupakan acara yang berasal dari turunan Festival Cisadane.

Namun perbedaannya pada tempat pelaksanaannya, yang sebelumnya di sisi pinggir Cisadane dan sekarang yakni di sisi pinggir kali Sipon tepatnya di Alun-alun Ahmad Yani.

“Festival Sipon Cisadane ini juga dalam rangka memeriahkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten. Dengan memberikan berbagai gelar karya seperti memperkenalkan dan agar memberdayakan produk UMKM Kota Tangerang agar dapat , dan penampilan para band yang siap untuk menghibur para atlet dan masyarakat umum,” ujar Rizal.

Festival Sipon Cisadane juga memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui stand Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) antara lain, pelayanan kependudukan, pelayanan perizinan, pelayanan pajak daerah dan pelayanan vaksin untuk hewan.

Tidak hanya itu, wisata kano kuliner dan kriya juga akan ikut memeriahkan.

“Jadi masyarakat umum bisa datang langsung untuk mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan. Dan festival ini juga akan menjadi sarana hiburan untuk masyarakat yang sudah lama tidak merasakan kemeriahan Festival Cisadane,” terangnya.

Tidak hanya hiburan yang diberikan, masyarakat juga dapat mengikuti perlombaan seperti lomba barongsai, lomba drum band, lomba senam kreasi, dan lomba menggambar.

Menurutnya perlombaan dapat diikuti oleh masyarakat umum, dengan harapan dapat mengembangkan kreatifitas.

"Dengan harapan Festival Sipon Cisadane dan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat dapat menjadi sarana hiburan, membangkitkan ekonomi melalui UMKM, dan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga festival ini dapat dilaksanakan disetiap tahunnya,” pungkasnya.rajamedia

Komentar: