Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Tari Kolosal Wangkawa Bumi Surosoan Tampil Memukau

Pembukaan Porprov IV Banten

Laporan: RMN
Minggu, 20 November 2022 | 20:02 WIB
Tari kolosal Wangkawa Bumi Surosowan membuka gelaran Porprov di Kota Tangerang/Repro
Tari kolosal Wangkawa Bumi Surosowan membuka gelaran Porprov di Kota Tangerang/Repro

RMBanten.com, Porprov - Tari Kolosal Wangkawa Bumi Surosoan yang menghadirkan sekitar 300 penari pada pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten berhasil memukau peserta dan penonton.

Acara pembukaan Porprov sendiri berlangsung di Stadion Banteng Reborn, Kota Tangerang sebagai tuan rumah berhasil menghadirkan sederet kejutan untuk para tamu undangan.

Dilansir dari laman Pemkot Tangerang, penampilan tari kolosal Wangkawa Bumi Surosoan dikolaborasikan dengan Marching Band dan Rampag Bedug.

Penampilan tarian kolosal dihadirkan dengan konsep kebudayaan delapan kabupaten kota se-Provinsi Banten, dengan melibatkan 300 orang penari yang terdiri dari seniman maupun sanggar yang ada di Kota Tangerang.

Penampilan tari kolosal Wangkawa Bumi Surosoan yang berlangsung sekitar 20 menit berhasil menarik perhatian ribuan penonton.

Berhasil memukau serta mematik detak kagum penonton yang memenuhi seluruh tribun Stadion Banten Reborn Kota Tangerang.

Kepala Disbudparman Kota Tangerang Rizal Ridolloh menyatakan itari kolosal Wangkawa menggambarkan kehidupan masyarakat Provinsi Banten, untuk hidup berdampingan satu sama lain.

Lewat tari kolosal ini juga menggambarkan kekayaan budaya delapan kabupaten kota di Provinsi Banten.

"Lewat gerak tari kita berupaya menggambarkan kota kabupaten di Provinsi Banten. Seperti Kabupaten Tangerang dengan ciri konsep Tigaraksa sedangkan Kota Tangerang yaitu Poris yang merupakan jawara perempuan. Begitu juga dengan kota kabupaten lainnya," jelasnya.

Ia berharap, dengan penampilan tari kolosal Wangkawa Bumi Surosoan dapat menghadirkan rasa kesatuan satu sama lain antar kota kabupaten di Provinsi Banten.

"Stadion Benteng Reborn diharapkan dapat menjadi saksi nyata kesatuan kota kabupaten di Provinsi Banten, tak hanya kebersamaan dan sportivitas lewat ajang olahraga saja, namun kesatuan yang nyata lewat keindahan tari," demikian Rizal.rajamedia

Komentar: