Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Sarasehan Suporter Indonesia, Iwan Bule: Peran Suporter Vital Dalam Sepakbola

Laporan: RMN
Kamis, 17 November 2022 | 14:49 WIB
Ketum PSSI Moch Iriawan di tengah suporter pada acara Sarasehan Suporter Indonesia/Repro
Ketum PSSI Moch Iriawan di tengah suporter pada acara Sarasehan Suporter Indonesia/Repro

RMBanten.com, Olahraga - PSSI bersama KONI dan Kemenpora menggelar Sarasehan Suporter Indonesia..

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Ketua Umum KONI Marciano Norman dan Plt. Deputi 4 bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Raden Isnanta membuka kegiatan sarasehan itu di Hotel Aston Kartika, Jakarta, Rabu (16/11).

Iwan Bule nama panggilan Moch Iriawan mengatakan suporter adalah salah satu yang perlu diberikan atensi dalam transformasi sepak bola selain tata kelola, stadion, dan lainnya.

"Peran suporter sangat penting dalam setiap pertandingan atau event antarsatu klub dan klub lainnya. Suporter adalah pemain kedua belas, tanpa suporter situasi lapangan tidak akan semarak, situasinya berbeda,” ujarnya

"Tentunya kami PSSI, KONI meminta masukan dari teman-teman sekalian apa yang diinginkan dan menjadi formulasi atau kesimpulan bersama dari sarasehan ini,” tambahnya.

PSSI berharap momen ini sepak bola Indonesia semakin baik. Saat ini momentum untuk melakukan evaluasi dalam agar sepak bola Indonesia dapat bangkit.

Sementara Ketua KONI, Marciano Norman mengatakan, perbaikan harus diwujudkan secara bersama atas dasar kecintaan kepada sepak bola Indonesia.

Adapun kegiatan hari ini, kata Marciano, telah mempersatukan sekitar 80 suporter yang mewakili 18 klub Liga 1 dan 6 klub Liga 2.

"Kita harus duduk bersama dengan para suporter, suporter ini memegang peranan sangat besar dalam sepak bola Indonesia,” ujarnya.

Upaya meningkatkan kualitas dan ketertiban suporter dilakukan seiring berbagai aspek juga sudah dievaluasi. Tentunya, sarasehan kali ini menyempurnakan langkah yang telah ditempuh pihak lainnya.

"Dalam dinamika yang ada, pelanggaran prosedur sudah ditangani Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF). Semua ini sedang berjalan, proses penegakan hukum dan organisasi juga berjalan dengan dikelola oleh PSSI. Sekarang kita mengajak suporternya,” demikian Marciano Norman.rajamedia

Komentar: