Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Buka Festival Kopi Banten, Al Muktabar Tekankan Industrialisasi Kopi

Laporan: Gatot Maulana
Jumat, 28 Oktober 2022 | 07:39 WIB
Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar saat membuka Festival Kopi Banten/Repro
Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar saat membuka Festival Kopi Banten/Repro

RMBanten.com, Eksbis - Provinsi Banten memiliki potensi perkebunan kopi yang besar. Untuk itu, mengembangkan kopi menjadi sebuah industrialisasi kopi adalah suatu keharusan.

Demikinan disampaikan Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar pada Pembukaan Festival Kopi Banten Ke-3 di Halaman Pendopo Lama Gubernur Banten, Jalan Brigjen K.H. Syam’un Kota Serang, Kamis, (27/10).

"Melalui industrialisasi kopi bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat,"ujar Al Muktabar.

Al Muktabar menjelaskan, melalui industrialisasi pihaknya mengembangkan komoditas kopi dari hulu, menengah sampai hilir.

Dari hulu, kata Al Muktabar, Provins Banten memiliki area perkebunan yang luas dan cocok untuk pertumbuhan kopi. Pihaknya, menekankan kepada perluasan perkebunan dan peningkatan produktivitas kopi.

Sementara pada sektor menengah diperlukan pengelolaan kopi yang menghasilkan cita rasa unggul.

Selian itu, diperlukan kreativitas dalam pengolahan kopi. Al Muktabar menyebutkan, salah satu contohnya kreasi pembuatan makanan dengan menggunakan kopi. Sehingga memiliki nilai ekonomis yang besar.

"Seperti, kue dengan rasa kopi, dan lain-lain," ujarnya.

Sementara dari hilir, Al Muktabar menekankan kepada pemasaran dan pemasyarakatan pecinta kopi.

Al Muktabar mengatakan, penyelenggaraan Festival kopi Banten Ke-3, merupakan upaya pengembangan sektor hilir dari komoditas kopi. Pada kesempatan tersebut, Al Muktabar juga mengajak masyarakat untuk menikmati kopi sepanjang masa.

"Pagi, siang dan malam hari,“ katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus Tauchid memaparkan, Banten memiliki potensi komoditas kopi yang besar.

Menurutnya, perkembangan tanaman kopi di Banten sangat pesat. Sampai tahun 2022 tanaman kopi di Banten sudah mencapai  luas 6.222 ha. Seluas 4.824 ha sudah  berproduksi dengan produktivitas rata mencapai 0,5 ton per hektar. Sementara total produksi kopi di Banten mencapai 2 ribu ton per tahun.

Agus mengatakan penyelenggaraan Festival Kopi Banten sebagai upaya promosi Kopi Banten kepada masyarakat.

"Festival Kopi Banten merupakan sosialisasi dan edukasi kopi sebagai tanaman yang prospektif dan mampu mensejahterakan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Barista Kedai Kopi Langit Senja di Kota Serang, Amriza menyambut baik pelaksanaan festival kopi yang diselenggarakan Pemprov Banten. Menurutnya, festival tersebut mampu mendongkrak pasar kopi.  

"Pengalaman saya, festival kopi atau pameran kopi bermanfaat memperkenalkan kopi dan menambah masyarakat pencinta kopi," ujar Amriza seperti dilansir dari laman resmi Pemrov Banten.rajamedia

Komentar: