Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Kejar Target Ambisius SDGs, Bapennas Tekankan Pentingnya Kemitraan

Laporan: RMN
Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:23 WIB
Acara PEMSEA Network of Local Governments and Integrated Coastal Management Forum 2022/Dok
Acara PEMSEA Network of Local Governments and Integrated Coastal Management Forum 2022/Dok

RMBanten.com - Target ambisius tujuan pembangunan berkelanjutan (Suistainable Development Goals/SDGs) hanya dapat diraih dengan kemitraan. Untuk itu prinsip keberlanjutan melalui SDGs menjadi gerakan kolaboratif.

Demikian disampaikan Koordinator Tata Kelola Laut dan Pesisir Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Roby Fadillah dalam acara PEMSEA Network of Local Governments (PNLG) and Integrated Coastal Management (ICM) Forum 2022 di Atria Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu (26/10).

“Kemitraan dilakukan dengan prinsip saling percaya, saling menghormati, saling melengkapi, dan saling terbuka antara-sesama mitra,” ujar Roby.

Menurut Roby, Pemerintah Indonesia sangat menghargai semua kerja sama dalam pencapaian SDGs. Yang melibatkan parlemen, dunia usaha dan filantropi, akademisi dan profesional, serta organisasi non pemerintah dan media.

"Prinsip SDGs yakni ‘no one left behind’ pun bisa lebih mudah terwujud dengan kolaborasi yang ada," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa kemitraan yang dilakukan pemerintah dan parlemen untuk mencapai target SDGs melalui sasaran, kebijakan, dan program, indikator data dan pembangunan, sosialisasi, komunikasi, dan advokasi, regulasi dan dukungan keuangan, serta pelaporan.

Sedangkan dari filantrofi dan dunia usaha melalui advokasi sektor swasta serta fasilitasi program.

Selanjutnya akademisi dan profesional melalui pembangunan kapasitas, evaluasi, referensi formulasi kebijakan, serta indikator data dan pembangunan.

"Dari organisasi non pemerintah dan media yakni melalui sosialisasi dan advokasi, fasilitasi program, membangun kesadaran masyarakat dan pembangunan kapasitas, serta pemantauan," tandas Roby dilansir dari laman Pemkab Tangerang.rajamedia

Komentar: