Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

FIFA Dukung PSSI Bangun Sepakbola Indonesia Agar Lebih Baik

Laporan: RMN
Rabu, 19 Oktober 2022 | 11:25 WIB
Presiden FIFA Gianni Infantino saat menggelar pertemuan dengan pengurus PSSI/Repro
Presiden FIFA Gianni Infantino saat menggelar pertemuan dengan pengurus PSSI/Repro

RMBanten.com, Sepakbola - PSSI diminta tenang menghadapi situasi pasca kejadian tragedi Kanjuruhan. Federasi yang dipimpin oleh Mochamad Iriawan (Iwan Bule) itu untuk fokus melakukan perbaikan agar tragedi Kanjuruhan tidak terulang lagi.

Demikian disampaikan Presiden FIFA Gianni Infantino dalam pertemuannya dengan pengurus PSSI, seperti dilansir dari laman resmi PSSI, Rabu (19/10).

"Jadi kita harus lebih tenang dalam menghadapi situasi ini. Situasi ini akan mereda dalam sendirinya. Tidak usah fokus terhadap opini orang, tapi kita harus fokus bagaimana ke depannya agar tidak terjadi lagi kejadian seperti di Kanjuruhan, Malang," kata Gianni Infantino.

Menurut Gianni Infantino, alasan utama datang ke Indonesia adalah karena tragedi Kanjuruhan, Malang telah menyakiti dan memakan korban banyak.

"Namun, saya bisa jamin, FIFA di sini untuk Anda (PSSI). FIFA di sini akan bekerja bersama pemerintah, AFC, dan federasi Indonesia (PSSI) untuk transformasi sepak bola. Sebab, sepak bola adalah kebahagiaan," jelasnya.

"Indonesia adalah negara sepak bola. Sepak bola adalah passion di sini. Mereka mencintai sepak bola. Maka ketika mereka menonton sepak bola di stadion, mereka harus aman," lanjutnya.

Sebelumnya, Gianni Infantino bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu juga dibahas banyak hal termasuk agar sepak bola ke depan lebih baik lagi.

Ke depannya, FIFA akan mengirim tim ke Indonesia untuk membangun sepak bola dari berbagai aspek dari pembangunan sepak bola sampai soal sekolah-sekolah sepak bola. Terdekat, adalah ajang Piala Dunia U-20 pada 2023.

"Kami akan bawa para expert, kami memastikan Indonesia bisa bersinar melalui sepakbola," ujar Gianni Infantino.

Setelah tragedi Kanjuruhan ini, PSSI, FIFA, AFC, dan perwakilan pemerintah juga telah menggelar pertemuan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, pada Kamis (13/10).

Dari pertemuan itu, disepakati dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Transformasi Sepak Bola Indonesia.

"Saya datang ke Indonesia juga untuk menjanjikan kerja sama antara FIFA, AFC, dan pemerintah memastikan hal ini tidak akan terjadi lagi di masa depan, menganalisa segala hal untuk merancang apa yang perlu dilakukan untuk ke depannya dalam memperbaiki hal ini," ucap Gianni Infantino.

Gianni Infantino menegaskan bahwa FIFA akan terus membantu PSSI. FIFA akan stay untuk bekerja sama dengan erat dan akan mendukung PSSI.

Fokus pada infrastruktur, manajeman penonton, edukasi untuk memastikan Indonesia siap tidak hanya untuk Piala Dunia U-20 2023, dan masa depan sepak bola juga.

Ketum PSSI, Moch Iriawan menyambut gembira langkah Presiden FIFA tersebut. Iwan Bule pun berterima kasih kepada Gianni Infantino.

"Dalam arahannya, FIFA akan mendukung PSSI. Bersama dengan pemerintah, FIFA ,dan PSSI akan bekerja sama untuk pembenahan sepak bola nasional," kata Iwan Bule.

Iwan Bule juga menyebutkan untuk pertama kalinya ada Presiden FIFA mau berkunjung ke kantor PSSI.

"Itu artinya FIFA menaruh perhatian kepada PSSI dan kami sangat berterima kasih," demikian Iwan Bule.rajamedia

Komentar: