Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Kopi Lokal Kabupaten Serang Menuju Pasar Nasional

Laporan: Hendra Hendrawan
Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:12 WIB
Kopi lokal dari Kabupaten Tangerang/HEN
Kopi lokal dari Kabupaten Tangerang/HEN

RMBanten.com -  Pemkab Serang melalui Dinas Pertanian (Distan) kini tengah intens mengupayakan produk kopi asli daerah menuju pasar nasional.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini para petani kopi dengan pendampingan serta pembinaan yang intens bersama Distan terus berupaya menciptakan rasa dan aroma kopi yang konsisten dan pas.

Selain itu, Distan juga terus mengawal proses pengurusan sertifikat halal yang tengah ditempuh para produsen olahan kopi lokal di Pemerintah Provinsi Banten.

“Kita terus mendorong para petani kopi, agar produk kopi khas Kabupaten Serang mampu dipasarkan secara nasional,” kata Zaldi, Kamis (13/10).

Untuk menunjang serta membuka peluang usaha yang lebih menjanjikan, pihaknya melalui bidang perkebunan berencana membuat program satu desa satu produk.Produk hasil bumi khas warga Kabupaten Serang ini tidak hanya kopi, ada juga cengkeh seperti di Desa Pangarengan, Kecamatan Bojonegara.

Selain itu, ada pula lada, kakao, kelapa dan pala. Program satu desa satu produk ini akan dikemas dengan konsep agrowisata, dengan anggaran minimal Rp200 juta untuk satu desa.

“Nanti kami bakal ajukan agar mendapat dukungan anggota dewan, sehingga program ini dapat terlaksana dan membawa manfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Berdasarkan data tahun 2021, Kabupaten Serang memiliki lahan perkebunan kopi seluas 1.941 hektare yang tersebar di berbagai kecamatan.

Namun yang kini intens memproduksi kopi ialah Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka dengan nama produk Cikopi, Desa Mekarsari, Kecamatan Cinangka dengan kopi Mekarsari dan Desa Citaman, Kecamatan Ciomas dengan kopi Dadaman.

Kopi olahan warga Cinangka dan Ciomas dinilai memiliki potensi tinggi untuk bisa menembus pasar nasional. Dengan cita rasa dan aroma yang khas, kopi tersebut dinilai bakal mampu bersaing dengan produk kopi lainnya di pasaran.rajamedia

Komentar: