Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Tragedi Kanjuruhan, Exco PSSI: Di Luar Kehendak Kita!

Laporan: RMN
Jumat, 14 Oktober 2022 | 13:10 WIB
Konferensi pers jajaran PSSI di kantor Komnas HAM/Net
Konferensi pers jajaran PSSI di kantor Komnas HAM/Net

RMBanten.com, Sepakbola - Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Malang diluar kehendak pihak PSSI.

Demikian disampaikan Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sonhadji saat konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Kamis (13/10).

"Tragedi kanjuruhan kemarin itu di luar kehendak kita semua, tidak ada seorang pun yang menghendaki peristiwa itu," ujar Sonhadji.

Dijelaskannya, apa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang tersebut di luar kehendaknya dan mengatakan bahwa itu adalah kehendak Tuhan.

Sonhadji mengatakan apa yang dilakukan oleh PSSI sudah sesuai dengan porsi atau jobdesk nya masing-masing.

"Tentunya ini diluar kehendak kita semua, jadi tidak ada yang ke dalam bagaimana, ini maksudnya ya kehendak Allah," kata Sonhadji.

"Jadi perangkat pertandingan, semua sudah bekerja dengan porsi masing-masing, kita juga sudah mengecek bagaimana bertugas, bagaimana perangkat pertandingannya yang lain, security office dan lain-lain, tapi masih terjadi peristiwa yang saya sebutkan tadi," lanjutnya.

Sebelumnya Sonhadji membeberkan hasil pertemuan pihaknya dengan Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Masnusia (HAM).

Pada pertemuan tersebut, Sonhadji mengatakan bahwa pihak Komnas HAM banyak memepertanyakan terkait hubungannya dengan panitia pelaksana dan tragedi penembakan gas air mata di Kanjuruhan, Malang.

"Intinya adalah bahwa Komnas Ham mempertanyakan bagaimana hubungan PSSI, PT LIB, kemudian panpel, kemudian bagaimana mekanisme penjadwalan hukuman, dan lain-lain sampai dengan masalah adanya penembakan gas air mata," ujar Sonhadji.

Selama pertemuan tersebut, pihak PSSI pun kerap memperhatikan dan mencatat usulan-usulan dari Komnas Ham untuk PSSI ke depannya, salah satunya adalah trauma healing.

"Dari hasil pertemuan itu catatan-catatan yang menjadi atensi dari Komnas HAM untuk perbaikan PSSI tentunya sudah kami rangkum," demikian Sonhadji.

 rajamedia

Komentar:
Jelajah Sejarah Tangsel 2