Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Tatu Luncurkan Kartu Serang Islami, Berikut Manfaatnya

Laporan: RMN
Senin, 10 Oktober 2022 | 08:21 WIB
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah disaksikan Pj Gubernur Jabar Al Muktabar saat menyerahkan Kartu Serang Islami di HUT Kabupaten Serang  ke 496/Ist
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah disaksikan Pj Gubernur Jabar Al Muktabar saat menyerahkan Kartu Serang Islami di HUT Kabupaten Serang ke 496/Ist

RMBanten.com, SerangKab - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang meluncurkan Kartu Serang Islami. Kartu ini merupakan implempentasi dari program insentif bagi guru ngaji, guru madrasah, hingga para pemandi jenazah.

Peluncuran kartu sendiri pada momen peringatan hari ulang tahun Kabupaten Serang yang ke 496, Sabtu (8/10) lalu.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, Kartu Serang Islami diluncurkan untuk memberikan kepastian penerima, transparansi, dan pendataan bagi para penerima insentif dari Pemkab Serang.

"Kami rutin memberikan insentif bagi para guru ngaji, guru madrasah, hingga pemandi jenazah. Kartu ini adalah bentuk kepastian dan transpransi program yang kami laksanakan,” ujar Tatu dalam keterangna tertulisnya Senin (10/10).

Menurut data yang dihimpun, Pemkab Serang memberikan insentif untuk 1.165 guru TPQ, 6.190 guru MDA, 9.851 guru ngaji, dan insentif bagi 348 pemandi jenazah. Kemudian program keagamaan lain baik hibah maupun bantuan pembangunan pondok pesantrem juga terlaksana.

Melalui Kartu Serang Islami yang bekerja sama dengan Bank bjb, Pemkab Serang menyalurkan langsung bantuan kepada rekening penerima. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyalanggunaan anggaran.

“Selama ini pemberian insentif berjalan baik, dan melalui Kartu Serang Islami kami memperkuat sistem penyaluran kepada penerima. Insentif langsung masuk rekening penerima, dan kami berikan kartu ATM dari Bank bjb,” ujarnya.

Plt Kepala Biro Kesra Setda Pemkab Serang Febrianto mengatakan, Bupati Serang telah mengamanatkan untuk menjalankan program prioritas bidang keagamaan secara baik.

“Beliau, Ibu Bupati sering menyampaikan butuh sinergi yang baik dengan para alim ulama, kiai, ustad, guru ngaji, dan para pelaku bidang keagamaan lainnya. Ini bagian dari kerja sama memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang keagamaan,” ujar staf ahli Bupati Serang ini.

Karena itu, kata dia, di tengah keterbatasan anggaran akibat dampak Covid-19, tidak ada pengurangan program bidang keagamaan. “Saat proses refocusing anggaran, kami menjalankan perintah Ibu Bupati untuk terus menyalurkan insentif bagi guru ngaji dan program keagamaan lainnya. Melalui Kartu Serang Islami, insentif yang kami berikan lebih terarah dan transparan,” tandasnya.rajamedia

Komentar: