Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Hujan Bikin Produksi Air PDAM Terhambat, Arief Temui Menteri PUPUR

Laporan: RMN
Kamis, 06 Oktober 2022 | 08:36 WIB
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Dok
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Dok

RMBanten.com, TangKot - Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menemui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di sela acara Indowater Expo & Forum 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (5/10).

Dalam pertemuan itu, Arief menyampaikan beberapa hal terkait pengelolaan pintu air 10 Cisadane yang mempengaruhi produksi air bersih PDAM Tirta Benteng.

Arief menyampaikan persoalan buka tutup pintu air 10 di saat musim hujan membuat intake PDAM Tirta Banteng tidak bisa optimal.

"Masalahnya kalau pintu air 10 dibuka debit airnya berkurang dan kinerja intake yang ada Bendungan Pintu Air Sepuluh hanya bisa bekerja 50 persen. Sedangkan intake yang di Babakan jadi tidak berfungsi," ungkap Arief.

Namun, kata Arief kalau pintu airnya tidak dibuka akan ada beberapa wilayah yang tergenang. Untuk itu diperlukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Ini perlu penanganan yang tepat agar tidak menimbulkan ekses lain,” tuturnya.

Arief mengusulkan kepada Kementerian PUPR untuk dapat segera melakukan pengerukan dan pembersihan sedimentasi yang ada di Sungai Cisadane, agar daya tampung sungai mengalami peningkatan dan secara langsung berpengaruh pada pasokan air baku yang akan dikelola oleh PDAM Tirta Benteng

"Usulan lainnya adalah dengan membangun satu bendungan baru setelah Bendungan Pintu Air 10," tandas Arief dilansir dari laman resmi Pemkot Tangerang.

Sebagai informasi, layanan PDAM Tirta Benteng dalam beberapa hari terakhir sering mengalami gangguan karena tidak optimalnya produksi air bersih akibat dari berkurangnya debit air Cisadane.

PDAM Tirta Benteng pun sudah menerjunkan mobil tanki air ke beberapa wilayah yang terdampak.rajamedia

Komentar: