Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Ratusan Pendonor Darah Di Kabupaten Serang Diberi Penghargaan

Laporan: Hendra Hendrawan
Selasa, 20 September 2022 | 19:03 WIB
Penghargaan PMI Banten ke pendonor darah/IST
Penghargaan PMI Banten ke pendonor darah/IST

RMBanten.com -  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Serang memberikan piagam kepada pendonor sukarela yang telah mendonorkan sebanyak 25, 50, 75 dan 100 kali. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Bupati Serang  Ratu Tatu Chasanah  kepada 400 pendonor di Tennis Indoor Pemkab Serang, Selasa (20/9/2022).

Pada acara tersebut hadir Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Ketua PMI Kabupaten Serang Fahmi Hakim, Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Entus Mahmud Sahiri, dan sejumlah pengurus PMI Kabupaten Serang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi para pendonor sukarela yang konsisten membantu program kemanusiaan tersebut. 

"Ini sudah menjadi agenda resmi untuk pendonor yang sudah 25, 50, 75 dan 100 kali menyumbangkan darahnya untuk  mendapatkan piagam, ” ujar Ketua PMI Banten ini.

Pihaknya berharap, pendonor darah di Kabupaten Serang terus bertambah agar stok darah bisa stabil. Karena, stok darah wajib tersedia dua persen dari jumlah penduduk. 

“Pemerintah Kabupaten dan Kota wajib memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh PMI seperti penanganan bencana dan penyediaan stok darah,” imbuhnya.

Dia juga meminta Sekda Kabupaten Serang agar membuat jadwal untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) agar ikut serta mendonorkan darahnya. “Agar semua pihak bergerak karena TNI,  Polri, dan  pihak swasta  juga sudah punya jadwal secara rutin,” katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Serang Fahmi Hakim menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian HUT PMI ke 77 . 

"Saat ini kami sudah  memiliki bank darah dengan sistem online sebagai komitmenya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Fahmi juga mengapresiasi Pemkab Serang yang telah mendukung sarana dan prasarana  Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Serang menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

"Petugas UDD hanya mengolah darah agar bisa digunakan oleh rumah sakit di wilayah Kabupaten Serang,” kata Fahmi

Ia mengakui, apresiasi yang diberikan pihaknya belum sebanding dengan darah yang disumbangkan kepada orang yang membutuhkan. 

"Ini hanya salah satu apresiasi kami kepada pendonor sukarela," tandasnya. rajamedia

Komentar: