Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Prof Azyumardi Azra Sosok Cendekiawan Sejati Tak Pernah Tergoda Jabatan Politik Dan Birokrasi

Testimoni Mantan Menag Lukman Hakim Saifuddin

Laporan: RMN
Selasa, 20 September 2022 | 10:59 WIB
Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (baju putih) bersama Ketum Golkar Airlangga Hartato saat melawat ke rumah duka almarhum Prof. Dr. Azyumardi Azra/Dok. Ikaluin
Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (baju putih) bersama Ketum Golkar Airlangga Hartato saat melawat ke rumah duka almarhum Prof. Dr. Azyumardi Azra/Dok. Ikaluin

RMBanten.com, Ciputat - Aalmarhum Prof. Dr. Azyumardi Azra  merupakan sosok yang menginspirasi oleh beberapa kalangan dan kerabat. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari sosok mantan Rektor UIN Jakarta itu.

"Almarhum itu orang besar, tentu banyak sisi yang bisa kita teladani yang bisa kita ambil pelajaran darinya karena beliau sangat menginspirasi selain juga sangat mencerahkan," ujar mantan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (LHS), Senin (19/9) malam.

LHS menilai Azyumardi sosok cendekiawan sejati dan tidak tergoda oleh jabatan politik.

"Semua orang pasti mengatakan dan juga bagi saya bahwa beliau itu adalah cendekiawan sejati jadi akademisi tulen yang memang sama sekali tidak pernah tergoda dengan jabatan-jabatan di birokrasi atau di organisasi politik atau di wilayah wilayah politik praktis," ungkapnya.

"Beliau konsisten dan sangat istiqomah untuk tetap menekuni dunia akademik dan itu terbukti dari kiprah beliau sampai sepanjang hayatnya dan sampai ajal menjumpai beliau," demikian LHS dilansir dari laman disway.

Sebelumnya diberitakan, jenazah Almarhum Azyumardi Azra dinformasikan akan tiba di Indonesia Senin pukul 23.00 WIB.

Hal itu disampaikan keponakan almarhum, Armia Putriana. Ia mengatakan info kedatangan jenazah didapat dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia.

"Jadi setelah tahlilan tadi info dari KBRI ada perubahan jadwal. Jadi yang awalnya penerbangan pertama menjadi penerbangan terakhir. Insya allah kalau tidak ada perubahan lagi, hari Senin malam sekitar jam 11 malam sudah sampai Indonesia," ujarnya dikutip dari laman Disway.id, Senin (19/9).

Setelah sampai di Indonesia jenazah rencannya akan disemayamkan di rumah duka terlebih dahulu lalu di shalatkan di Masjid Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.

"Disemayamkan dulu di rumah, Selasa paginya disolatkan di UIN pelepsan di UIN baru ke makam," ungkapnya.

Lokasi pemakaman direncanakan tetap di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Dewan Pers Prof DR Azyumardi Azra dikabarkan meninggal dunia, Minggu 18 September 2022.

Kabar meninggalnya tersebar luas melalui pesan Whatsapp pada siang ini.

"Innalillahi Wainnaillahi Rojiun. Telah meninggal Ketua Dewan Pers, cendekiawan muslim Prof.Dr. Azyumardi Azra, CBE, setelah sakit dan sempat mendapat perawatan di Malaysia. Turut Berduka Cita Sedalam Dalamnya, Semoga Arwah Almarhum Ditempatkan Yang Mulia di sisi Allah SWT, Alfatihah," bunyi pesan singkat yang beredar di kalangan media.

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan juga turut menyampaikan kabar meninggalnya mantan Rektor Universitas Islam Negeri itu.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah meninggal dunia Prof. Dr. Azyumardi Azra. Semoga beliau mendapat tempat yang mulia di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," katanya

Azyumardi Azra meninggal saat tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Selangor, Malaysia.rajamedia

Komentar: