Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Wisuda Penerima Beasiswa UI-Pemkab Serang, Tatu Haru Bahagia

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 11 September 2022 | 20:47 WIB
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menghadiri wisuda mahasiswa penerima beasiswa dari Pemkab Serang/QMT
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menghadiri wisuda mahasiswa penerima beasiswa dari Pemkab Serang/QMT

RMBanten.com, SerangKab - Suasana haru bahagia tergambar dari proses wisuda 12 mahasiswa penerima beasiswa Pemkab Serang di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Minggu (11/9).

Ini merupakan wisuda pertama bagi para penerima beasiswa program prioritas Bupati Serang.

Lebih membanggakan lagi, sebanyak 7 mahasiswa meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) cumlaude. Bahkan mahasiswa atas nama Pitriani warga Kecamatan Petir meraih IPK 3,82.

“Alhamdulillah, semua mahasiswa yang lulus mendapat IPK di atas 3,2. Ibu bangga, dan membanggakan kami sebagai pemberi program beasiswa,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, di sela pertemuan dengan para mahasiswa.

Selama prosesi wisuda, rasa haru tidak bisa disembunyikan dari wajah Tatu.

Bahkan saat bertemu, beberapa kali Tatu mendapatkan pelukan dan ucapan terima kasih dari para mahasiswa yang diwisuda, maupun para orangtuanya.

“Untuk para mahasiswa yang baru lulus, ini adalah awal kehidupan sesungguhnya, harus berjuang keras, terus optimis, semangat, dan berdoa,” ujar Tatu.

Pengabdian Daerah

Tatu berpesan, setelah lulus para mahasiswa harus mengabdikan diri untuk masyarakat Kabupaten Serang.

“Selanjutnya tinggal daya juang menghadapi kehidupan, utamakan attitude, perilaku dan akhlak yang baik, itu utamakan,” ujarnya.

Tatu bercerita ketika hendak meluncurkan program beasiswa untuk para mahasiswa. Banyak yang meragukan secara aturan, dan dinilai sebagai program yang bukan populis.

Sebab secara citra tidak terlihat dampaknya.

Setelah Angkatan 2019 yang lulus sebanyak 12 mahasiswa, saat ini masih ada penerima beasiswa Pemkab Serang yang kuliah sebanyak 20 mahasiswa.

“Bukan karena APBD Kabupaten Serang berlebih, justru anggaran kita kesulitan. Namun ibu yakin, suatu daerah tidak akan maju, jika tidak mempersiapkan sumber daya manusianya. Persoalan pendidikan adalah soal masa depan. Hanya melalui pendidikan, suatu daerah akan maju. Alhamdulillah, program beasiswa berjalan,” ujarnya.

Kembangkan Kemitraan

Ucapan terima kasih disampaikan terhadap Universitas Indonesia yang telah menempa para mahasiswa dari Kabupaten Serang.

“Terima kasih anak-anak kami diberi kesempatan belajar di perguruan tinggi yang luar biasa. Universitas dambaan para calon mahasiswa, dan kebanggaan para orangtua,” ujarnya.  

Wakil Dekan Bidang Akademik Vokasi UI, Deni Danial,Ph.D mengaku bangga terhadap Bupati Serang dengan program beasiswa yang diberikan kepada warganya.

“Kemitraan kita selanjutnya, kami akan dorong bagaimana para mahasiswa coba kita kembangkan dan arahkan ke Kabupaten Serang dari sisi pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada prosesi wisuda, Tatu mendapatkan apresiasi dan dipanggil khusus ke panggung untuk diberikan sertifikat dari Program Vokasi UI.

Pemkab Serang dinilai sebagai mitra UI di bidang kerja sama daerah dan industry untuk bidang pendidikan vokasi.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono,Ph.D menyampaikan terima kasih atas kemitraan Pemkab Serang yang sudah berjalan sejak tahun 2019.

Ia pun memastikan, para mahasiswa vokasi yang lulus telah mendapatkan sertifikat keahlian yang berstandar hingga ke tingkat Asia Tenggara.

“Apresiasi kami atas kerja sama vokasi UI dengan Pemerintah Kabupaten Serang selama tiga tahun terakhir. Semoga para mahasiswa yang sudah lulus bermanfaat untuk masyarakat. Dan mampu membantu menyelesaikan masalah di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.rajamedia

Komentar: