Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Hacker Bjorka Retas Dokumen Jokowi, BIN: Data Aman, Hoaks Itu!

Laporan: Raja Media Network
Sabtu, 10 September 2022 | 13:30 WIB
Jurubicara BIN, Wawan Purwanto/Net
Jurubicara BIN, Wawan Purwanto/Net

RMBanten.com, Keamanan - Peretasan surat-surat yang dikirim ke Presiden Joko Widodo yang diklaim dilakukan hacker Bjorka ditepis Badan Intelijen Negara (BIN). BIN memastikan tak ada dokumen BIN yang bocor, termasuk menjamin kerahasiaan segala dokumen milik BIN.

"Hoaks itu. Dokumen BIN aman terkendali, terenkripsi secara berlapis, dan semua dokumen pakai samaran," ujar Juru Bicara BIN Wawan Purwanto, dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu, (10/9).

Termasuk kata Wawan, dokumen yang dikirim ke presiden juga istimewa. Dokumen itu dilengkapi kripto atau sandi yang berubah setiap saat demi menghindari kebocoran data.

"Jadi, dokumen BIN ke presiden tidak bocor," ujarnya.

Wawan enggan berkomentar banyak mengenai hal-hal yang akan diambil menyikapi klaim Bjorka terkait surat-surat untuk Presiden Jokowi yang bocor.

Ia mengatakan BIN belum memutuskan hal tersebut.

"Kita lihat nanti," ungkapnya.

Sebelumnya, hacker bernama Bjorka mengklaim telah meretas surat menyurat milik Presiden Jokowi, termasuk dari BIN.

Di situsbreached.to, Bjorka mengunggah sejumlah dokumen yang diklaim milik Presiden Jokowi pada periode 2019- 2021. Bjorka mengunggah total 679.180 dokumen berukuran 40 MB dalam kondisi terkompres.

"Berisi transaksi surat tahun 2019 - 2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia," tulis Bjorka di situs situsbreached.to, Jumat, 9 September 2022rajamedia

Komentar: