Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Seminar Internasional Di Bali, Walikota Tangerang Berbagi Pengalaman Tangani TBC

Laporan: CM-1
Jumat, 09 September 2022 | 13:55 WIB
Walikota Tangerang Arief Wismanyah menjadi narasumber di seminar internasional di Bali/Dok
Walikota Tangerang Arief Wismanyah menjadi narasumber di seminar internasional di Bali/Dok

RMBanten.com, Bali - Walikota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah didaulat menjadi pembicara dalam Indonesia Tuberculosis International Meeting tahun 2022 yang dilaksanakan di salah satu hotel di kawasan Sanur, Bali dari tanggal 9 - 10 September 2022.

Dikutip dari laman resmi Pemkot Tangerang, ditunjuknya Arief sebagai pembicara dalam kegiatan yang memasuki tahun ke 4 tersebut, tidak terlepas dari upaya pemerintah Kota Tangerang dalam penanganan TBC yang juga melibatkan peran serta dari seluruh masyarakat.

Upaya-upaya tersebut antara lain pemenuhan fasilitas layanan pengobatan dan skrining TBC di 37 Puskesmas dan 34 RS, kemudian pembentukan 1000 kader TBC termasuk juga keterlibatan komunitas sekolah melalui gerakan RANSEL TBC.

Arief menyampaikan pentingnya kolaborasi sektoral seluruh pemangku kepentingan dalam penanganan TBC. Acara sendiri dihadiri oleh perwakilan dari WHO, USAID dan juga beberapa organisasi kesehatan Internasional dan Nasional.
 
"Ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk menyelesaikan permasalahan TBC," ujar Arief mempresentasikan program penanganan TBC dalam bahasa Inggris,  Jumat (09/09).

Lanjut Arief dengan pola kerjasama dan keterlibatan semua pihak penanganan TBC bisa dilakukan. "Semua pihak terlibat para kader, orang tua. Melalui program Ransel kita menjadikan anak-anak sekolah sebagai duta besar penanganan TBC di sekolah, " Imbuhnya.

Dalam acara yang menjadi bagian dari G 20, Arief menyampaikan komitmen besar pemerintah Kota Tangerang yang juga didukung oleh kebijakan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, menjadi kunci keberhasilan penangananan TBC.

"Kita sudah mengeluarkan aturan terkait penanganan TBC termasuk juga mengalokasikan anggaran untuk penanganan TBC, " Tutur Arief.

Arief menerangkan bahwa untuk penanganan TBC Pemkot Tangerang telah mengeluarkan Peraturan Walikota Nomor 67 tahun 2021, selain juga alokasi anggaran untuk kesehatan yang mencapai 60 persen.

Sebagai informasi, acara Indonesia Tuberculosis International Meeting tahun 2022 juga diikuti oleh peserta dari luar negeri antara lain dari Singapura, Australia, Nigeria, Nepal, India, Amerika dan Swedia.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan Menteri Kesehatan yang menjadi Keynote Speaker, bersama narasumber dari WHO South East Asia Dr. Mukta Sharma.rajamedia

Komentar: