Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Jawab Formula E, Anies Baswedan Datangi KPK

Laporan: Raja Media Network
Rabu, 07 September 2022 | 12:04 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung KPK/Sinpo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung KPK/Sinpo

RMBanten.com, Hukum - Anies Baswedan datang memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih Jakarta, pada Rabu (7/9).

Gubernut DKI Jakarta itu akan ditanya lembaga antirasuah itu terkait ajang balap Formula E yang terselenggara di Jakarta beberapa waktu lalu.

Anies tiba seorang diri pada pukul 09:26 WIB dengan mengenakan pakaian dinasnya sebagai Gubernur dengan membawa sebuah map berwarna biru. Anies sempat melambaikan tangan ke awak media sebelum memasuki Gedung Merah Putih KPK.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut pihaknya akan memintai keterangan Anies Baswedan soal proses perencanaan hingga penganggaran balapan Formula E di Jakarta.

"Lebih kurangnya terkait proses perencanaan kan begitu. Awalnya seperti apa si misalnya, tawaran darimana, kemudian direncanakan,  kemudian penganggarannya, kemudian pelaksanaannya sampai dengan pertanggung jawabannya. Kan itu sudah terlaksana nih," kata Alex dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (6/9).

Alex menjelaskan pihaknya juga akan mengklarifikasi soal keuntungan yang didapat Pemerintah Provinsi (Pemptov) DKI dari pelaksanaan formula E.

Sebab, lanjut Alex, jika balapan Formula E bertujuan kepada bisnis pasti pertimbangannya berorientasi pada keuntungan.

"Kami ingin tahu juga bagaimana pelaksanaannya apakah kemarin mendapatkan keuntungan," ujar Alex.

KPK telah mengirimkan surat pemanggilan terhadap Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta untuk datang pada Rabu, 7 September 2022.

Pemanggilan terhadap Anies untuk dimintai keterangan soal dugaan adanya pidana pada ajang balap Formula E atas laporan yang diterima KPK dari masyarakat.rajamedia

Komentar: