Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Naikan Harga BBM Subsidi! PB PMII: Pemerintah Ambigu!

Laporan: Raja Media Network
Selasa, 06 September 2022 | 11:05 WIB
Demo mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tolak kenaikan harga BBM/Net
Demo mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tolak kenaikan harga BBM/Net

RMBanten.com, DemoBBM - Mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Senin (5/9) kemarin.

Dalam aksinya, PMII menyampaikan empat poin tuntutan, yaitu: Pertama, turunkan harga BBM. Dua, berantas mafia solar. Tiga, subsidi tepat sasaran. Dan empat, penyertaan masyarakat dalam distribusi BBM bersubsidi.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) PMII, Muhammad Rafsanjani dalam keterangannya mengatakan, pemerintah gagal menentukan prioritas dalam kebijakan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi.

"Ada ambiguitas pemerintah soal kebijakan ini, terlebih saat ini Indonesia tengah dalam masa pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Ambiguitas tersebut muncul dari praktik BBM bersubsidi yang dinilai tidak tepat sasaran,"ujarnya.

Dalam hal ini, kata dia, pemerintah seharusnya membuat praktik ini menjadi lebih tepat sasaran, bukan malah menaikkan harga BBM bersubsidi.

"Subsidi tepat sasaran ini menurutku penyelesaian yang substantif, tidak merepotkan banyak rakyat seperti formula sekarang ini," ujarnya.

PMII akan terus mengawal kebijakan ini baik melalui aksi lanjutan di beberapa cabang, maupun mencari alternatif kebijakan bersama pakar di masing-masing daerah.

Aksi menolak kenaikan BBM bersubsidi ini dihadiri kurang lebih 1.800 peserta dari gabungan mahasiswa PMII yang datang dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, dan Banten.rajamedia

Komentar: