Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Selamatkan 241 WNI Korban Loker Palsu di Kamboja, Komisi I Apresiasi Tindakan Menlu

Laporan: Raja Media Network
Kamis, 01 September 2022 | 22:46 WIB
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dalam rapat kerja Komisi I DPR RI bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Dok. DPR
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dalam rapat kerja Komisi I DPR RI bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Dok. DPR

RMBanten.com, Parlemen -  Gerak cepat Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI untuk menyelamatkan 241 WNI yang terjerat lowongan kerja (Loker) bodong atau online scam di Kamboja mendapat apresiasi parlemen.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menegaskan bahwa perlindungan WNI merupakan salah satu prioritas pelaksanaan diplomasi Indonesia.

"Kami mengapresiasi gerak cepat Kementerian Luar Negeri RI untuk perlindungan WNI kita di luar negeri. “Kami juga mengapresiasi Ibu Menlu langsung hadir di Kamboja untuk memproses penyelamatan WNI kita yang jadi korban,” ujar Meutya Hafid dalam rapat kerja Komisi I DPR RI bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (1/9).

Pada kesempatan itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa sebanyak 241 WNI telah kembali dengan selamat dan sehat ke Indonesia.

"KKami melakukan penyelamatan secara extra effort, komunikasi dan koordinasi pada level tinggi langsung dilakukan untuk menyelamatkan WNI kita,” ujarnya.

Retno juga mengungkapkan bahwa penyelesaian kasus ini harus dilakukan dari hulu dan hilir.
Sebab, para WNI ini tidak hanya ditipu dan berangkat ke Kamboja, namun juga ke Thailand, Laos, Myanmar dan Filipina.

"Kerja sama antar negara harus ditingkatkan, kasus di Kamboja harus jadi wake up call untuk penanganan dan pencegahan yang sifatnya komprehensif dari hulu sampai hilir sehingga korban tidak bertambah,” demikian Menlu Retno Marasudi dilansir dari laman DPR RI.rajamedia

Komentar: