Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Buntut Pidato Amplop Kyai, Kantor PPP Banten Digeruduk Ratusan Santri

Laporan: Hendra Hendrawan
Senin, 29 Agustus 2022 | 16:30 WIB
Aksi damai santri di Kantor DPW PPP Banten/HEN
Aksi damai santri di Kantor DPW PPP Banten/HEN

RMBanten.com -  Ratusan santri dan ulama menggelar demonstransi di depan Kantor DPW PPP Banten di Ciracas, Kota Serang, Senin (29/8).

Aksi tersebut buntut ucapan Ketum PPP Suharso Monoarfa terkait 'amplop kiai' pada acara Pembekalan Antikorupsi Politik Cerdas Berintegritas yang diselenggarakan KPK pada 15 Agustus 2022 lalu.

Koordinator Aksi, Haris Munandar mengatakan, masa aksi menuntut Soharso Monoarfa sebagai Ketua Umum PPP untuk segera diproses dan diadili, karena telah mendistorsi marwah pesantren dan kyai. 

"Aliansi santri Banten meminta agar Monoarfa segera dijerat dengan undang-undang ITE, karena terjadi ujaran kebencian disana," ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga meminta agar Monoarfa segera mohon maaf pada kiai di seluruh Nusantara karena ini sudah mencederai, melukai seluruh kiai yang ada di nusantara. 

"Saya juga menghimbau pada Presiden untuk pertimbangkan posisi Monoarfa di kabinet," katanya.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Banten, Subadri Ushuludin yang menemui pedemo memastikan aspirasi para ulama dan kiai dalam aksi tersebut akan disampaikan ke DPP PPP di Jakarta.

"Tapi saya meminta para ulama dan kiai untuk melihat video pidato Suharso Monoarfa secara utuh, sehingga mengetahui maksud dan tujuan dari Ketua Umum PPP berbicara seperti itu," katanya.

Subadri juga meminta ulama dan kiai tidak mudah terprovokasi dengan isu yang beredar luas. Terlebih, PPP dianggapnya tidak bisa lepas dari kiai, ulama dan santri.rajamedia

Komentar: