Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

OASE KIM Gelar Kegiatan Bersama Anak Usia Dini Di Tangerang

Laporan: CM-1
Kamis, 25 Agustus 2022 | 11:17 WIB
Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan Ibu Wury Maruf Amin bersama anak-anak PAUD di Kabupaten Tangerang/Repro
Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan Ibu Wury Maruf Amin bersama anak-anak PAUD di Kabupaten Tangerang/Repro

RMBanten.com, TangKab - Kegiatan penguatan karakter Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui Profil Pelajar Pancasila digelar Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Kegiatan dikemas melalui serangkaian aktivitas menyenangkan bersama para murid PAUD yang diikuti langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin.

 Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (24/8) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Tangerang itu sekaligus merupakan giat pertama di lapangan oleh Ibu Negara selaku Pembina OASE KIM pasca dua tahun pandemi.

Ibu Iriana didampingi Ibu Wury mengajak anak-anak untuk mulai membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan melakukan simulasi cuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Setelah itu, Ibu Iriana dan Ibu Wury bersama perwakilan pengurus OASE KIM mengunjungi suasana belajar mengajar di ruang kelas sekolah PAUD Bina Insani.

 Acara menjadi semakin meriah saat Ibu Iriana dan Ibu Wury turut membacakan dongeng kepada anak-anak.

Aktivitas mendongeng diyakini mampu menjadi sarana efektif dalam memberikan pengajaran dan pembelajaran yang akan berimbas pada pembentukan karakter anak.

Pembentukan dan penguatan karakter anak yang diharapkan sejalan Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

Ibu Iriana dan Ibu Wury berduet membacakan dongeng Laut Rumahku kepada murid-murid PAUD yang antusias mengikuti dan berinteraksi.

Melalui dongeng yang dibacakan, Ibu Iriana dan Ibu Wury mengajak murid-murid lebih mengenal hewan-hewan laut mulai dari ikan pari hingga gurita dan ciri khas mereka.

Ibu Iriana dan Ibu Wury memuji kecerdasan dan keberanian murid-murid dalam menjawab pertanyaan yang disampaikan.

Usai mendongeng, Ibu Iriana dan Ibu Wury menantang anak-anak yang berani untuk tampil bernyanyi.

Keduanya terpukau dengan keberanian dan rasa percaya diri anak-anak yang bernyanyi mulai dari lagu Balonku hingga Pelangiku.

Setelah itu Ibu Iriana dan Ibu Wury bersama seluruh Ketua Bidang dan anggota OASE KIM berfoto bersama seluruh murid dan guru PAUD.

Selanjutnya para Ketua Bidang OASE KIM yang terdiri dari para pendamping Menteri di era Kabinet Indonesia Maju memberikan donasi secara simbolis untuk satuan pendidikan dan juga untuk komunitas petani di Kabupaten Tangerang, disaksikan oleh Ibu Iriana dan Ibu Wury.

Donasi berupa 300 paket buku bacaan untuk 150 sekolah PAUD dari OASE KIM Bidang 1 (Pengasuhan dan Pendidikan Karakter), selanjutnya 31 sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) untuk 6 sekolah PAUD, 9 SD, dan 1 Puskesmas yang diserahkan secara simbolis berupa plakat oleh Bidang 2 (Peningkatan Kualitas Kesehatan), 20 set alat olahraga untuk sekolah PAUD dari Bidang 3 (Sosial dan Budaya), 30 alat mesin pertanian pengolah minyak goreng untuk 5 kelompok dan 35 rumah tangga serta 400 bibit untuk 100 petani dari Bidang 5 (Indonesia Hijau).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum OASE KIM Ibu Tri Tito Karnavian juga menyerahkan plakat apresiasi kepada perwakilan Sekolah PAUD Bina Insani sebagai tuan rumah lokasi kegiatan.

Sebelum meninggalkan lokasi kegiatan, Ibu Iriana dan Ibu Wury didampingi seluruh anggota OASE KIM juga meninjau demo pembuatan minyak goreng dan pameran produk kerajinan dari UMKM di Kabupaten Tangerang.rajamedia

Komentar: