Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Prokes Bisa Cegah Penularan Cacar Monyet

Laporan: CM-1
Rabu, 24 Agustus 2022 | 08:12 WIB
Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

RMBanten.com, TangKab - Penerapan protokol kesehatan (Prokes) dengan disiplin bisa mencegah munculnya penyakit cacar monyet.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang dr. Sumihar Sihaloho, dikutip laman resmi Pemkab, Rabu (24/8).

"Untuk mencegah penyebaran cacar monyet kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan cuci tangan pakai sabun serta melakukan PHBS," ujar Sumihar.

Diterangkan Sumihar, penularan cacar monyet bisa terjadi dari manusia ke manusia, maupun dari hewan ke manusia. Sebab, penyakit ini merupakan zoonosis yaitu penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

"Penyakit ini juga menular melalui benda yang terkontaminasi virus Monkeypox. Umumnya, virus masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang terluka atau terbuka meski tak terlihat. Ini pun bisa masuk melalui saluran pernapasan maupun selaput lendir dari mata, hidung, atau mulut," ujarnya.

Lanjut Sumihar, hingga saat ini, di Kabupaten Tangerang belum ditemukan kasus cacar monyet atau masih dalam zona hijau. Oleh sebab itu, Dinkes tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan penyakit cacar monyet.

"Untuk vaksinasi cacar monyet untuk saat ini belum ada, jadi masih menggunakan vaksin untuk virus Smallpox karena setelah dilakukan pengembangan dan penelitian, vaksin jenis ini dapat digunakan untuk pencegahan Monkeypox," terangnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang sudah menyebarluaskan informasi tentang Monkeypox dengan membuat konten edukasi melalui Instagram, website dan spanduk untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat.rajamedia

Komentar: