Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

OMB UMN 2022 Ciptakan Kampus Bebas Narkoba Hingga Kekerasan Seksual

Laporan: CM-1
Jumat, 19 Agustus 2022 | 06:37 WIB
OmB UMN 2022/Repro
OmB UMN 2022/Repro

RMBanten.com, Pendidikan - Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menyalurkan dukungan nyata dalam menciptakan suasana kampus yang aman, nyaman, dan bebas dari berbagai kasus perundungan dan kekerasan seksual.

Di hari terakhir Orientasi Mahasiswa Baru (OMB ) UMN 2022, peserta didorong untuk dapat tumbuh menjadi generasi emas yang bebas dari narkoba dan fokus mengembangkan diri di tengah industri 4.0.

Hal ini disalurkan melalui pemaparan seminar dan pemberian modul kepada seluruh peserta oleh ahli pada Kamis (18/8).

“Faktor pertama terjadinya kekerasan seksual adalah minimnya edukasi, baik secara pemahaman maupun norma. Yang kedua adalah ketidakmampuan untuk mengontrol diri. Biasanya terjadi karena kita memproyeksikan luka pribadi terhadap orang lain. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memiliki empati,” ujar pendiri Menjadi Manusia, Rhaka Ghanisatria.

Hal ini tidak jauh dengan pengertian bahwa setiap orang memiliki batasan yang berbeda, sehingga seseorang perlu mengerti hal tersebut.

Tak hanya membahas mengenai kekerasan seksual dan perundungan, OMB UMN 2022 turut mengundang Mulyanto, seorang psikolog Badan Narkotika Nasional RI, untuk memberikan edukasi terkait narkoba.

"Banyak orang yang mencari shortcut untuk menjadi bahagia dengan narkoba. Padahal, dengan berolahraga, menonton komedi, meditasi, makan, dan lainnya bisa
merangsang terbentuknya hormon, seperti endorfin dan oksitosin, yang dapat membuat kita bahagia pula,” terang Mulyanto.

Di samping itu, Mulyanto juga meluruskan pemahaman keliru yang membuat pengguna narkoba takut untuk mencari pertolongan.

"Kenyataannya, di UU No. 39 Tahun 2009 Tentang Narkotika, Indonesia sangat manusiawi terhadap penyalah guna. Indonesia memiliki Institusi Wajib Lapor. Apabila terdapat pengguna yang melapor pada Badan Narkotika Nasional (BNN), maka pengguna tersebut tidak akan diproses secara hukum, tetapi ia akan segera diberi obat dan menjalankan rehabilitasi,” jelasnya.

Dengan demikian, menurutnya, seseorang tidak perlu mengucilkan penyalahgunaan dan membiarkannya kehilangan arah. Sebaliknya, bisa mengajak semua orang untuk mencari pertolongan ke rumah sakit atau melapor ke BNN terdekat.

"Yang tak banyak orang ketahui adalah semua hal tersebut akan ditanggung oleh pemerintah sebagai bentuk dukungan negara terhadap pengembangan diri generasi muda di era industri 4.0,” tandasnya.

Puncak Kegiatan

Tak terasa, OMB UMN 2022 telah tiba di puncak kegiatan. Divisi Tiksna/Person in Charge (PIC) memberikan pesan, kesan, dan evaluasi dalam masing-masing kelompok.

Beberapa peserta juga diajak untuk maju ke panggung untuk membacakan Yasan Basmara atau disebut sebagai surat cinta yang mereka tulis sebagai ungkapan kasih dan apresiasi kepada panitia OMB UMN 2022.

Sesi ini membuktikan bagaimana rangkaian kegiatan dijalankan berdasarkan asas kebersamaan dan persaudaraan, tanpa adanya perpeloncoan.

Di luar itu semua, OMB UMN 2022 turut memberikan apresiasi kepada peserta berupa penghargaan bagi kelompok dan identitas terbaik.

Ada pula konten “Mengukir Asha” sebagai wadah bagi peserta untuk menyuarakan harapan dan isi hati mereka dalam memasuki dunia perkuliahan.

"Perjalanan masih panjang. Dunia perkuliahan menanti teman-teman semua. Teruslah bersemangat. Lakukan dengan penuh dedikasi dan raihlah prestasi sebanyak mungkin. Namun, jangan lupa untuk apresiasi diri,” ujar Ketua OMB UMN 2022, Fedora Annabella sekaligus memimpin pembacaan janji mahasiswa yang diikuti 2.000 lebih mahasiswa baru.

Kegiatan pemekaran hari ke 2 ditutup dengan persembahan inaugurasi oleh segenap panitia OMB UMN 2022.

Setiap lirik lagu dan gerakan yang dipilih mengandung makna ucapan selamat kepada peserta yang telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Sekaligus ajakan untuk tidak pernah menyerah dalam menjalani dunia perkuliahan nantinya. Lebih dari itu, penampilan inaugurasi juga mengangkat konsep edukasi mengenai budaya Nusantara.

“Konsep yang dibawakan di Inagurasi adalah untuk membuat para peserta lebih mengenal jenis-jenis tarian tradisional melalui lagu dan nama dari kelompok mereka. Lalu, para peserta juga bisa melihat perjuangan mereka melalui aktivitas angkatan merangkai batang ketangguhan mereka menjadi sarang impian,” jelas Cindy Triana selaku Koordinator acara OMB UMN 2022.

OMB UMN 2022 harapannya dapat menjadi pijakan awal, yang memulai perjuangan mahasiswa baru dalam bertumbuh dan berproses di dunia perkuliahan.rajamedia

Komentar: