Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Spesial HUT RI Di Ngruki, Abu Bakar Baasir Doa dan Nyanyi Indonesia Raya

Laporan: Raja Media Network
Rabu, 17 Agustus 2022 | 15:58 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Ustadz Abu Bakar Baasir meperingati HUT RI KE-77 DI ponpes Ngruki/IST
Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Ustadz Abu Bakar Baasir meperingati HUT RI KE-77 DI ponpes Ngruki/IST

RMBanten.com, Ngruki - Pagi, Rabu, 17 Agustus 2022, ada yang tak biasa biasa di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo.

Ya tepat d HUT RI ke-77 Ponpes asuhan Ustadz Abu Bakar Baasir iru melangsungkan peringatan HUT kemerdekaan RI dengan berlangsung semarak dan penuh hidmat.

Ada sekitar 2000 peserta yang mengikuti rangkaian upacara sejak pukul 07.00 Wib itu. Peserta upacara terdiri dari santri Ngruki kurang lebih 1500 orang, siswa SMA Islam Gading 250  orang pelajar serta 200 ustadz dan ustadzah.

Upacara juga dihadiri para undangan dari berbagai kalangan turut hadir wakil bupati Drs. H. Agus Santosa, beserta unsur muspida lainnya.

Layaknya peringatan upacara di tempat lainnya, Pesantren Al Mukmin Ngruki juga menyiapkan Paskibra atau disebut pasukan pengibar bendera yang didampingi Polri saat proses pengibaran bendera.

Gegap gempita pasukan pengibar bendera memasuki lapangan upacara nampak, dari sisi pintu gerbang pesantren, langkah tegap dan tegas santri-santri menambah suasana hikmat pelaksanaan upacara.

Pada kesempatan itu, Menteri PMK, Prof. Muhadjir Efendi atas permintaan pesantren menjadi Inspektur Upacara (Irup).

Muhadjir membacakan naskah Proklamasi dengan suara lantang. Sementara para peserta termasuk Ustadz Abu Bakar Baasir dengan seksama mengikuti rangkaian upacara di lapangan pesantren Al Mukmin Sukoharjo.

Rangkaian upacara ini menjadi salah satu bagian dalam rangka milad setengah abad Pondok Pesantren Al Mukmin yg acara puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 19 - 21 Agustus 2022.

Pemandangan menarik dalam upacara ini diantaranya saat menyanyikan lagu Indonesia raya ketika bendera dikibarkan.

Awak media nampak serius mendokumentasikan para peserta yang turut bernyanyi dan hormat pada sang saka merah putih, Ustadz Abu Bakar Baasyir pun nampak bersemangat ikut bernyanyi meski beliau dalam posisi duduk dikursi karena kurang kuat berdiri lama.

Tak kalah khidmat ketika Menko PMK memberi aba-aba mengheningkan cipta, petugas upacara serentak melantunkan lagu  “Mengheningkan Cipta"

Dengan seluruh angkasa raya memuji
Pahlawan negara
Nan gugur remaja diribaan bendera
Bela nusa bangsa
Kau kukenang wahai bunga putra bangsa
Harga jasa
Kau cahaya pelita
Bagi Indonesia merdeka

Dalam suasana hening itu Seraya Ustadz Abu Bakar Baasir menengadahkan tangan, tampak sangat khusyuk berdoa disaat peserta yang lain bernyanyi.

Pemandangan ini pun tidak luput dari perhatian awak media, tampak mereka juga hanyut dalam keheningan dan suasana sejuknya pagi di Ngruki.

Turut mendampingi Menko PMK dalam upacara ini antara lain, Sesmenko PMK Y.B Satya Sananugraha, Deputi Menko PMK bidang Pendidikan dan moderasi agama Bapak Aris Darmansyah, Staf Khusus Menko PMK Prof. Dr.  Ravik Karsidi, Dr. Rohman Budijanto dan HM. Khoirul Muttaqin.

rajamedia

Komentar: