Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Kejar Target Cakupan BIAN, Dinkes Kota Tangerang Jemput Bola Dengan Door to Door

Laporan: Rizki Ahmad Suhaedi
Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:47 WIB
Jemput bola imunisasi dalam rangka mengejar target cakupan BIAN/Repro
Jemput bola imunisasi dalam rangka mengejar target cakupan BIAN/Repro

RMBanten.com, TangKot - Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui 37 Puskesmas melakukan sederet program percepatan dalam rangka mengejar capaian Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Program percepatan itu, mulai dari buka gerai di seluruh Posyandu, pusat keramaian hingga secara door to door.

Seperti yang dilakukan Puskesmas Sukasari, Kecamatan Tangerang yang melakukan BIAN secara door to door, di lingkungan RW 04 Babakan, Sukasari, Sabtu (13/8).

"Ini menjadi langkah kita untuk menjaring anak yang lebih banyak lagi. Puskesmas Sukasari atas data Kementerian punya target 4.287 anak. Sedangkan di RW 04 Babakan ada 84 anak dan baru 33 anak terimunisasi, jadi target door to door hari ini ada 51 anak, semoga semuanya tercapai," ungkap Kepala Puskesmas Sukasari, dr Efi Handayani.

Menurut Efi, lewat cara door to door tak hanya pelaksanaan imunisasinya saja yang dikejar. Namun, petugas juga dapat melakukan edukasi ke sang ibu terkait vaksinasi, obat-obatan hingga tumbuh kembang anak.

Petugas juga dapat melakukan komunikasi lebih intens pada anak, terkait keaktifannya.

"Semoga para orangtua dapat bekerjasama dengan Puskesmas, lewat sederet layanan BIAN yang sudah disajikan. Sehingga, capaian BIAN dapat tercapai, namun terpenting anak-anak Kota Tangerang sehat dan terhindar dari sederet penyakit lewat imunisasi yang didapat ini," harapnya.

Diketahui, BIAN di Kota Tangerang akan berlangsung hingga 14 September mendatang. Digelar di seluruh Posyandu dan Puskesmas dengan target berdasarkan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian yaitu 158.000 sasaran.

Sedangkan berdasarkan data Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kota Tangerang ada 129.000 sasaran.

Sebagai informasi, BIAN dilakukan sebagai upaya untuk melindungi anak dari penyakit Campak, Rubela, Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis atau batuk rejan dan Hepatitis B.rajamedia

Komentar: