Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pameran GIIAS Resmi Dibuka, Bupati Zaki Harapkan Dampak Ekonomi Bagi Warganya

Laporan: Rizki Ahmad Suhaedi
Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:19 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartato(tengah), Meteri Perindustrian (kedua kanan) dan Bupati Tangerang A Zaki Iskandar (paling kiri) saat membuka Pameran GIIAS di Ice BSD/Repro
Menko Perekonomian Airlangga Hartato(tengah), Meteri Perindustrian (kedua kanan) dan Bupati Tangerang A Zaki Iskandar (paling kiri) saat membuka Pameran GIIAS di Ice BSD/Repro

RMBanten.com, GIIAS - Pameran otomotif terbesar di Indonesia, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) resmi dibuka di ICE BSD City Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis (11/8).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membuka acara pameran tersebut. Turut mendampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Dalam kesempatan itu Bupati Zaki berharap event GIIAS tahun ini bisa memberikan dampak yang sangat positif terhadap perekonomian Indonesia khususnya industri otomotif nasional yang mendapatkan hantaman keras di tengah pandemi Covid-19 dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

"Saya berharap pameran GIIAS ini bisa membuat efek domino dari penyelenggaraan GIIAS yang begitu luar biasa ini dan bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tangerang hingga masyarakat umum," ujar Bupati Zaki, Kamis (11/8).

Sementara, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan terima kasihnya atas kontribusi industri otomotif di dalam negeri untuk perbaikan perekonomian Indonesia pada tahun ini.

Menurut Airlangga, pada kuartal dua tahun ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat meningkat 5,4 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

"Pertumbuhan ekonomi saat ini tumbuh 5,4 persen, salah satunya didukung industri otomotif. Jadi saya ucapkan terima kasih," kata Airlangga.

Pemerintah pusat, kata Ketum DPP Golkar itu terus mendukung dan mendorong electric vehicle untuk terus berkembang di Indonesia dengan memberikan berbagai macam fasilitas agar kendaraan EVI bisa terus maju dan berkembang pesat di Indonesia.

"Jadi saya sampaikan bahwa pemerintah tentu juga men-support dalam bentuk PPNBM dan pemerintah juga menyadari peluang ke depan dimana di dunia market EV (Electric Vehicle) terus meningkat dari tahun ke tahun," jelasnya

Sementara itu Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan bahwa GIIAS sudah menampilkan berbagai pencapaian dan melewati perjalanan panjang.

"Industri otomotif saat ini cerah, tumbuh, bergerak, ke depan menyongsong teknologi terkini  Gaikindo mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang sudah mendukung industri otomotif, terlebih Menko Perekonomian dan Menteri Perindustrian, atas arahan dan kebijakannya sehingga industri ini bisa berkembang dan maju," jelas Nangoi pada pembukaan GIIAS 2022.

Lebih lanjut, Nangoi juga menambahkan, seluruh kendaraan bermotor yang dihadirkan anggota Gaikindo sudah mendukung zero emision.

"Dantaranya menghadirkan kendaraan listrik yang sudah memenuhi standar euro 4," pungkasnya.

 rajamedia

Komentar: