Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Skystar Ventures UMN-Kemenkop UKM Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Startup

Laporan: Rizki Ahmad Suhaedi
Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:13 WIB
Bootcamp pengembangan kapasitas startup/Repro
Bootcamp pengembangan kapasitas startup/Repro

RMBanten.com - Skystar Ventures UMN berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Republik Indonesia mendukung pengembangan kapasitas startup melalui program pendampingan Level Up yang berlangsung secara on site pada bulan Agustus-Desember 2022.

Level Up sendiri merupakan program pengembangan kapasitas startup berbasis digital dan teknologi, dengan kriteria minimal sudah memiliki MVP atau Minimum Viable Product.

Kolaborasi Skystar Ventures UMN dengan Kemenkop UKM ini bertujuan untuk menciptakan startup yang tangguh, kreatif, dan profesional.

Lebih lanjut, diharapkan program pendampingan ini juga dapat menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan baru.

Rangkaian program pengembangan kapasitas startup ini akan dimulai dengan kegiatan bootcamp yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Agustus 2022 di Soll Marina Hotel Serpong.

Terdapat lebih dari 60 startup yang mendaftarkan diri untuk mengikuti program pendampingan ini. Adapun terpilih sebanyak 16 startup berasal dari berbagai kota di Indonesia meliputi Tangerang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, hingga Pontianak untuk mengikuti bootcamp dan program secara keseluruhan.

Pada acara bootcamp, Skystar Ventures UMN turut mengundang dan melibatkan sejumlah praktisi serta founder startup untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka dalam mengembangkan startup.

Selain untuk mengembangkan pemahaman dan kompetensi, program ini juga sekaligus memfasilitasi pelaku startup untuk berjejaring dan membangun koneksi satu sama lain.

“Melalui program Level Up ini, Skystar Ventures UMN turut serta dalam menciptakan entrepeneur muda Indonesia yang tangguh dan nantinya memberikan kontribusi bagi kemajuan ekonomi Indonesia” ujar Kepala Inkubator dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum & Keuangan UMN, Andrey Andoko.

Setelah bootcamp, program Level Up ini masih akan terus berlanjut dengan berbagai kegiatan bermanfaat lainnya mencakup workshop, coaching clinic, demo day, hingga monitoring & evaluation.

Startup yang menjadi peserta dalam program ini berkesempatan untuk mendapatkan pendampingan langsung dari mentor yang berasal ekosistem startup serta akses ke pendanaan.

Secara keseluruhan, dengan diselenggarakannya program ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kewirausahaan pada startup asal Indonesia untuk terus bertumbuh dan bersaing secara global.

Program ini juga menjadi bentuk dukungan nyata dari Kemenkop UKM untuk membentuk startup yang berkelanjutan di Indonesia.rajamedia

Komentar: